Qupas Weekend

Angkat Isu Kesetaraan Gender, 9 Drama Korea Ini Nggak Cuma Berisi Cinta-cintaan

27 June 2020, at 08:00
Angkat Isu Kesetaraan Gender, 9 Drama Korea Ini Nggak Cuma Berisi Cinta-cintaan

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia dengan perkembangan yang paling pesat. Meskipun demikian, ternyata Negeri Ginseng tersebut juga nggak terlepas dari masalah kesetaraan gender lho.

Sebagian orang menganggap bahwa feminisme merupakan isu yang sensitif. Hal tersebut kemudian dituangkan dalam karya oleh para kreator yang bisa kamu lihat pada beberapa drama Korea di bawah ini.

1. Miss Hammurabi (2018)

Drama Korea Feminis (Foto: imdb.com)
imdb.com

Apabila biasanya drama Korea cenderung menonjolkan kisah cinta tokoh utamanya, hal yang berbeda disuguhkan oleh "Miss Hammurabi".

Mengangkat isu feminisme, serial ini bercerita tentang seorang hakim perempuan muda bernama Park Cha Oh-reum (Go Ara) yang sangat idealis dan pemberani. Hal tersebut membuat ia sering terlibat masalah dengan kolega dan atasannya.

2. Search: WWW (2019)

Drama Korea Feminisme (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Search: WWW" merupakan drama Korea berkualitas yang didominasi oleh perempuan dengan karir cemerlang, profesional, dan penuh dengan ambisi. Mereka adalah Bae Ta Mi (Im Soo Jung), Song Ga Gyeong (Jeon Hye Jin), dan Cha Hyun (Lee Da Hee).

Meski demikian, drama Korea yang satu ini juga tetap dipermanis dengan kisah cinta ketiganya kok. Kamu juga bisa melihat akting beberapa aktor tampan seperti Jang Ki Yong, Lee Jae Wook, dan Ji Seung Hyun.

3. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

Drama Korea Kesetaraan Gender (Foto: imdb.com)
imdb.com

Siapa sih yang nggak tahu "Strong Woman Do Bong Soon"? Drama Korea yang dibintiangi oleh Park Bo Young, Park Hyung Sik, dan Ji Soo ini memang sempat booming pada tahun 2017 lalu.

Serial yang ini bercerita tentang seorang perempuan bertubuh mungil yang ternyata memiliki kekuatan super.

Baca juga: 6 Film Tentang Perempuan yang Asyik Ditonton Berulang-ulang

4. Because This Is My First Life (2017)

Drama Korea Tentang Kesetaraan Gender (Foto: imdb.com)
imdb.com

Meskipun kesan kesetaraan gender mungkin nggak terlalu menonjol dalam "Because This Is My First Life", namun banyak adegan di drama Korea komedi romantis ini yang mengisyaratkan hal tersebut lho!

Mendapuk Jung So Min dan Lee Min Ki sebagai pemeran utama, serial ini menampilkan lika-liku kehidupan tiga pasangan yang berbeda. Sisi feminis dapat terlihat dari ketiga sosok perempuan dalam hubungan tersebut, tentu saja dengan cara mereka masing-masing.

5. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Drama Korea Emansipasi (Foto: imdb.com)
imdb.com

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata bidadari? Pasti yang terlintas adalah gambaran perempuan cantik, anggun, yang memiliki perilaku serta tutur kata yang halus, kan?

Hal tersebut dipatahkan oleh drama komedi romantis "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo" yang dibintangi oleh Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk. Penasaran dengan ceritanya? Nonton sendiri aja deh!

6. Saimdang, Memoir of Colors (2017)

Drama Korea Perempuan (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Saimdang, Memoir of Colors" merupakan drama Korea bertema sejarah yang diangkat dari kisah nyata Shin Saimdang, seorang pelukis dan ahli kaligrafi ternama di Dinasti Joseon.

Bukan hanya karya seninya yang indah, tokoh tersebut juga dikenang karena pengabdiannya terhadap negara serta ketangguhannya sebagai seorang ibu dan perempuan.

Shin Saimdang ini seperti R.A. Kartini versi Korea Selatan lho! Pasalnya, pada era tersebut emansipasi perempuan masih menjadi hal yang ditentang.

Baca juga: 5 Film Bagus yang Menyuarakan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

7. Queen Seon Deok (2009)

Drama Korea Tentang Perempuan (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kalau kamu suka nonton drama bertema kerajaan dan feminisme, "Queen Seon Deok" bisa menjadi pilihan yang tepat. Sama seperti "Saimdang, Memoir of Colors", serial ini juga diadaptadi dari kisah nyata lho!

Bercerita tentang kisah Ratu Seondeok dari Silla, drama Korea ini dibintangi oleh Lee Yo Won, Kim Nam Gil, Go Hyun Jung, Park Ye Jin,Uhm Tae Woong, sampai Yoo Seung Ho.

8. Dong Yi (2010)

Drama Korea Sejarah (Foto: imdb.com)
imdb.com

Masih bergenre kolosal, "Dong Yi" juga menjadi drama Korea yang menunjukkan perjuangan perempuan. Ceritanya sendiri berfokus pada kehidupan perempuan bernama Dong Yi yang diperankan oleh Han Hyo Joo.

Dong Yi mengubah marganya demi menjadi dayang dan masuk ke istana untuk menyelidiki dan membuktikan kebenaran dari kasus penghianatan yang melibatkan nama ayah serta keluarganya.

9. Jewel In The Palace (2003)

Drama Korea Kolosal (Foto: imdb.com)
imdb.com

Selanjutnya, ada "Jewel In The Palace" yang tentunya sudah nggak asing lagi untuk para pecinta drakor. Perjuangan Dae Jang Geum sebagai koki istana sampai berhasil menjadi tabib memang sangat inspiratif.

Dari drama ini kamu bisa melihat bahwa perempuan juga bisa memiliki kedudukan yang setara dengan laki-laki.

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa drama Korea yang mengusung tema feminisme di dalamnya. Favoritmu ada nggak?