Antara Chemical dan Physical Sunscreen, Mana yang Lebih Baik Untukmu?

22 August 2019, at 13:00
0
0
Antara Chemical dan Physical Sunscreen, Mana yang Lebih Baik Untukmu?

Bukan rahasia lagi kalau tabir surya termasuk skincare wajib yang harus dipoleskan ke wajah setiap hari. Tapi tahu nggak sih, ternyata ada dua jenis sunscreen lho.

Yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Lalu apa beda dari kedua jenis tabir surya tersebut dan mana yang lebih baik?

Supaya kamu nggak galau lagi mau pakai yang mana, simak perbedaan chemical dan physical sunscreen berikut ini yuk!

1. Kandungan

kandungan physical sunscreen dan chemical sunscreen
goddessgarden.com

Kedua jenis tabir surya ini paling mudah dibedakan dari kandungannya. Physical sunscreen terbuat dari Titanium dioxide atau Zinc dioxide.

Sedangkan chemical sunscreen biasanya diperkaya dengan Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Octylcrylene, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX and XL, Tinosorb S and M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.

2. Cara kerja

cara kerja physical sunscreen dan chemical sunscreen
pinterest.com

Meski sama-sama bisa melindungi kulit, tapi cara kerja kedua tabir surya ini berbeda. Chemical sunscreen akan menyerap paparan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas.

Sedangkan physical sunscreen yang juga dikenal dengan nama sunblock, bekerja dengan membentuk lapisan untuk menangkal atau menghalangi sinar matahari supaya nggak menembus kulit.

3. Ketahanan

physical sunscreen
tinhot24h.vn

Kadar SPF yang dimuat kedua jenis tabir surya ini sama-sama beragam, mulai dari yang rendah hingga tinggi. Tapi kandungan utama dari physical sunscreen yang berupa Titanium dioxide dan Zinc dioxide tergolong sangat stabil alias nggak mudah rusak saat terkekspos sinar matahari.

Berbeda cerita dengan chemical sunscreen. Tabir surya ini umumnya memiliki perlindungan yang lebih luas terhadap sinar UVA dan UVB.

Sayangnya, chemical sunscreen cepat rusak saat terekspos sinar matahari sehingga perlu diaplikasikan ulang secara berkala.

Baca juga: Perbedaan Kadar SPF pada Sunscreen, Apa Sih Artinya?

4. Tekstur

tekstur physical sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Physical sunscreen memang cenderung stabil dan nggak perlu diaplikasikan berkali-kali, tapi sunblock kurang diminati untuk penggunaan sehari-hari. Sebab, teksturnya tergolong berat dan biasanya akan meninggalkan lapisan putih pada kulit (white cast).

Sedangkan chemical sunscreen bisa dibilang lebih ringan, cepat menyerap, dan teksturnya mirip seperti moisturizer biasa. Sehingga lebih nyaman dipakai sehari-hari meski harus re-apply berkali-kali.

5. Potensi iritasi

physical sunscreen
instagram.com/innisfreeusa

Meski dari segi tekstur physical sunscreen bisa dibilang lebih berat, tapi kandungan sunblock nyatanya lebih bisa ditoleransi oleh kulit wajah lho, alias lebih aman dan minim risiko iritasi.

Begitu pula sebaliknya, tekstur chemical sunscreen yang notabene tergolong ringan malah memiliki kandungan yang berpotensi menimbulkan iritasi. Kalau kulitmu sensitif, pastikan untuk melakukan patch test sebelum mengoleskan tabir surya di wajahmu ya.

6. Mana yang lebih baik?

physical sunscreen vs chemical sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Dengan perbedaan yang ada, kamu pastinya masih penasaran mana yang lebih baik untuk wajahmu. Sebenarnya kedua jenis sunscreen ini tetap diperlukan untuk melindungi kulit.

Hanya saja, untuk pemakaian sehari-hari physical sunscreen bisa jadi pilihan yang tepat karena teksturnya lebih ringan dan nggak meninggalkan white cast yang bisa mengganggu riasanmu.

Dan kamu mungkin akan membutuhkan sublock untuk kegiatan tertentu, seperti saat pergi ke pantai misalnya.

Baca juga: Awas! 4 Kesalahan Ini Ternyata Bikin Sunscreen yang Kamu Pakai Jadi Terbuang Percuma

Nah, itulah perbedaan chemical dan physical sunscreen yang harus kamu pahami. Gimana, nggak galau lagi kan sekarang?

0 Comment