Anti Mahal, Ini 5 Wisata di Bogor Buat Para Penikmat Alam

26 August 2019, at 15:00
0
0
Anti Mahal, Ini 5 Wisata di Bogor Buat Para Penikmat Alam

Punya rencana liburan ke Bogor tapi takut soalnya lagi tanggal tua? Tenang aja, soalnya di beberapa wilayah Kota Hujan ini ada beberapa wisata murah. Bahkan sebagian gratis tiket masuknya, lho.

Meski murah dan ada juga yang gratis, tapi tempat wisata di Bogor berikut ini pemandangannya nggak kalah eksotis dari destinasi berbayar lain. Sobat misqueen pasti suka!

1. Leuwi Hejo

leuwi hejo
instagram.com/herulakbar21

Meski namanya 'hejo' yang berarti hijau, tapi aliran airnya berwarna biru. Menariknya lagi, di kawasan Leuwi Hejo juga ada beberapa wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi, lho. Misalnya saja seperti:

  • Curug Leuwi Liek
  • Curug Leuwi Ciung
  • Curug Leuwi Cepet
  • Curug Baliung

Akses menuju wisata alam di Bogor ini cuma bisa dilalui kendaraan pribadi dan motor. Sedangkan bus belum bisa karena jalannya kecil. Beberapa tanjakan dan turunan pun lumayan ekstrem, sehingga kendaraan besar susah buat melewatinya.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu harus trekking melalui jalan setapak selama kurang lebih 30 menit perjalanan. Soal tiket masuk, sementara ini cuma perlu bayar Rp10 ribu aja kok.

Lokasi Leuwi Hejo : Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor

2. Goa Agung Garunggang

goa agung garunggang
instagram.com/nataliapratamiputri

Wisata gratis di Bogor, ada nggak ya? Banyak. Salah satunya di Goa Agung Garunggang ini. Meski nggak ada retribusi, tapi kamu bisa membayar jasa tour guide dengan biaya sesuai kesepakatan.

Untuk mencapai wisata alam Bogor ini, sebaiknya bawa kendaraan roda dua saja karena medan lumayan sulit. Kamu pun perlu trekking dengan estimasi waktu selama kurang lebih 45 menit. 

Lokasi Goa Agung Garunggang : Desa Cigobang, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

3. Bukit Wangun

bukit wangun
instagram.com/radityohari

Wisata di Bogor ini juga gratis. Lokasinya yang dekat dari pemukiman dan punya pemandangan menakjubkan, yaitu latar Gunung Salak, nggak heran kalau Bukit Wangun belakangan hype di kalangan anak muda.

Selain bisa melihat pemandangan gunung, hamparan ilalang yang eksotis saat difoto juga tersaji. Menariknya lagi, kamu juga bisa camping di sini secara gratis, lho.

Untuk menuju lokasi yang juga dikenal dengan nama Taman Ilalang Wangun Sari ini, patokan yang bisa kamu cari adalah sekitar Rumah Sakit Praktek dr. ali Laut, Jalan Soemanta Diredja, Cijeruk. Dari sini, kamu perlu melanjutkan dengan jalan kaki selama kurang lebih 7 menit.

Lokasi Bukit Wangun : Kampung Wangun Sari, Pamyonan, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor

Baca juga: 7 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Liburan di Tanggal Tua Nggak Jadi Masalah!

4. Curug Cigamea

curug cigamea
instagram.com/scottypass

Wisata air terjun ini ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tiket masuknya cukup murah, yaitu sekitar Rp10 ribu per orang.

Akses menuju lokasi wisata cukup mudah dan bisa dilalui kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari parkiran, kamu perlu jalan dulu sekitar 700 meter dengan medan yang lumayan berat.

Sesampainya di Curug Cigamea, kamu bakal disuguhi 'air terjun kembar'. Karakter kedua air terjun yang letaknya berjarak 30 meteran ini berbeda. Volume air terjun pertama nggak terlalu deras kalau dibandingkan dengan curug kedua.

Lokasi Curug Cigamea : Jalan Curug Cigamea, Gunung Sari Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor

5. Gunung Pancar

gunung pancar
instagram.com/farhanhidayatt_

Gunung Pancar yang merupakan kawasan hutan pinus ini cocok buat piknik bareng keluarga atau camping. Fasilitasnya lumayan, mulai dari aneka kuliner, outbound, camping ground, sampai spot foto instagenik.

Tiket masuknya murah, yaitu sekitar Rp7.500 per orang. Tapi buat yang pengen foto-foto, di setiap spot perlu bayar lagi sekitar Rp25 ribu. Terjangkau kan?

Lokasi Gunung Pancar : Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor

Dari kelima wisata alam di Bogor di atas, mana yang paling pengen kamu kunjungi? Meski destinasi-destinasi tersebut tiket masuknya murah dan gratis, tapi tetap jaga kebersihannya ya. Karena petualang sejati nggak bakal mengotori lingkungan.

0 Comment