Anti Mahal, Ini 6 Bendungan di Indonesia yang Bikin Kamu Makin Semangat Motret

18 September 2019, at 15:00
0
0
Anti Mahal, Ini 6 Bendungan di Indonesia yang Bikin Kamu Makin Semangat Motret

Bendungan yang ada di Indonesia ternyata bukan cuma berfungsi sebagai penahan laju air. Banyak di antaranya yang justru menjadi tempat wisata karena punya pemandangan indah.

Seperti beberapa bendungan maupun waduk yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia berikut ini. Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, ternyata nggak sedikit juga yang memanfaatkannya sebagai lokasi pemotretan. Dimana saja lokasinya?

1. Bendungan Colo Sukoharjo

bendungan colo sukoharjo
instagram.com/mahesa.motret

Mumpung masih belum musim hujan, kamu bisa liburan ke wisata gratis di Sukoharjo ini. Tempatnya asyik buat foto-foto, terlepas dari fungsinya sebagai irigasi.

Dari atas jembatan penghubung antara Pengkol-Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, kamu bisa melihat aliran air yang indah. Kalau pengen lebih seru, boleh turun ke bawah.

Di area ini ada ratusan beton kokoh yang berbentuk persegi tertata rapi bak paving di atas air. Jarak antar beton tersebut sekitar satu meter. Karena cukup lebar, kamu juga bisa berdiri di atasnya. Seru, kan?

Lokasi Bendungan Colo : Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Tiket masuk Bendungan Colo: Gratis

2. Waduk Selorejo

bendungan selorejo
instagram.com/herivlo

Kadang disebut juga sebagai Bendungan Selorejo, destinasi wisata di Malang ini menyajikan panorama yang menyejukkan mata. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro, hingga Gunung Kawi.

Selain menyaksikan panorama alam di sekitar, di tempat yang berada di ketinggian kurang lebih 600 mdpl ini kamu juga bisa memancing. Keliling danau pakai perahu nelayan juga bisa. Tarifnya sekira Rp80 ribu sampai Rp150 ribuan.

Lokasi Waduk Selorejo : Sambirejo, Pandansari, Kecamatan Ngantang, Malang, Jawa Timur

Tiket masuk Waduk Selorejo : Rp20 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu) 

3. Waduk Bajulmati

waduk bajulmati
instagram.com/shantie_syifa

Bendungan yang lebih akrab dengan nama Waduk Bajulmati ini terletak di perbatasan antara wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Area ini dibentuk dengan membentuk Sungai Bajulmati sebagai sumber air utamanya.

Sering disebut mirip Kepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua Barat, nggak membuat wisata di Banyuwangi ini membuatmu merogoh kocek terlalu dalam. Kamu cuma perlu menyediakan biaya parkir sekira Rp5 ribu (motor) dan Rp10ribu (mobil). Fyi, jam bukanya cuma dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB aja ya!

Lokasi Waduk Bajulmati : Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Tiket masuk Waduk Bajulmati : Sekira Rp5 ribu sampai Rp10ribu untuk parkir kendaraan (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Pesona Rowo Bayu yang Tersembunyi, Wisata Spiritual dengan Suasana Mistis di Banyuwangi

4. Bendung Kamijoro

bendung kamijoro
instagram.com/dhian_hardjodisastro

Bendungan ini baru saja diresmikan dan banyak dikunjungi masyarakat yang antusias melihat kemegahan Jembatan Sungai Progo sebagai penghubung Bantul dan Kulonprogo.

Selain jembatan, ada area ruang terbuka hijau yang nyaris selalu ramai dikunjungi. Kadang di sekitar Bendung Kamijoro ini juga banyak warga yang memancing.

Lokasi Bendung Kamijoro : Kaliwiru, Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk Bendung Kamijoro : Sukarela (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Bendungan Karangkates

waduk karangkates
instagram.com/angin_galery

Bendungan Karangkates juga dikenal dengan nama Waduk Ir. Sutami, Bendungan Sutami, atau Waduk Karangkates. Tempat yang dibangun sejak tahun 1975 sampai 1977 ini diciptakan untuk menahan aliran Sungai Brantas dan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Selain untuk PLTA, destinasi yang letaknya sekira 40 kilometer arah selatan Kota Malang sekarang juga jadi tempat wisata. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan danau buatan sambil menaiki perahu maupun memancing.

Lokasi Bendungan Karangkates : Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur

Tiket masuk Bendungan Karangkates : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Tukad Yeh Unda

tukad yeh unda
instagram.com/nadirasaraswati

Tempat wisata di daerah Klungkung ini sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding. "Tukad Unda" sendiri bermakna sungai yang berlapis-lapis, sesuai dengan pemandangan yang bakal kamu lihat saat berada di sini.

Tukad Yeh Unda bisa ditempuh dari Kota Semapura sekitar 1,5 kilometer ke timur. Kamu pun akan mudah menemukannya karena bisa dilihat dari jalan utama Kota Klungkung.

Lokasi Tukad Yeh Unda : Jalan Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Klungkung, Bali

Tiket masuk Tukad Yeh Unda : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Itulah keenam bendungan di Indonesia yang bukan cuma punya sejuta manfaat bagi masyarakat sekitar, tapi juga jadi tempat wisata karena keindahan panoramanya. Kamu sudah liburan ke salah satunya?

0 Comment