Memiliki bayi kembar memang menjadi sebuah keinginan dari beberapa pasangan suami istri. Sebab, banyak yang menganggap bahwa memiliki bayi kembar itu asik, lucu, dan menyenangkan. Bahkan, kebanyakan wanita juga mengatakan kalau memiliki bayi kembar itu enak, perjuangannya hanya sekali, tidak perlu menahan rasa sakit untuk melahirkan bayi lagi di kemudian hari.

hamil kembar
pixfeeds.com

Namun, sayangnya memiliki bayi kembar bukanlah sebuah hal yang bisa direncanakan. Jangankan kembar, untuk menentukan jenis kelaminnya saja tidak bisa. Semua mengalir secara natural dan tidak bisa ditentukan sesuai dengan keinginan.

Banyak yang mengatakan kalau hamil bayi kembar itu harus punya keturunan gen kembar terlebih dahulu. Tapi, tenang saja, kalau kamu ingin punya bayi kembar, tidak perlu memiliki keturunan gen kembar dulu. Soalnya sudah banyak terjadi, orang tanpa gen kembar bisa melahirkan bayi kembar.

Ciri-cirinya pun bisa diprediksi sejak dini loh! Penasaran dengan apa saja ciri-ciri hamil bayi kembar? Simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga : Awas, Inilah 8 Penyebab Keguguran yang Wajib Kamu Ketahui

1. Perut Sangat Besar

hamil bayi kembar
abcnews.go.com

Hal pertama yang akan kamu rasakan ketika hamil bayi kembar adalah perutmu menjadi sangat besar, bila dibandingkan dengan wanita hamil pada umumnya. Perutmu akan menjadi cukup berisi dan lebih berat. Pembengkakan ukuran perut ini bukan hanya terjadi pada akhir kehamilan saja, tapi juga pada awal.

2. Mual yang Berlebihan

mual hamil
hellosehat.com/

Setiap wanita hamil pasti akan mengalami mual yang sering muncul tiba-tiba. Mual itu biasanya dikarenakan oleh hidung lebih sensitif terhadap aroma-aroma tertentu. Namun, ketika kamu mengalami mual yang terlalu berlebihan walau tidak ada faktor apapun, bisa jadi itu adalah sebuah tanda bahwa kamu sedang mengandung bayi kembar.

3. Sesak Napas

sesak napas hamil
baca.co.id

Hamil bayi kembar juga bsia ditandai dengan susahnya bernapas. Seolah-olah badanmu sesak sehingga ruang napas menjadi lebih sempit. Hal ini adalah gejala umum yang akan dialami ketika hamil bayi kembar. Sesak napas itu dikarenakan sirkulasi yang seharusnya diisi oleh satu anak saja menjadi berubah untuk dua orang anak. Jadi wajar saja kalau kamu akan mengalami sesak napas.

4. Gerakan Bayi

hamil bayi kembar
jurnalkeluarga.com

Banyak yang mengatakan kalau sedang mengandung bayi kembar, pergerakan bayi akan sangat cepat dirasa, daripada wanita yang mengalami hamil bayi tunggal. Ini adalah momen ajaib yang tidak bisa dijelaskan secara pasti, namun bisa dirasakan. Ketika kamu merasakan pergerakan itu, maka kamu bisa memastikannya dengan USG.

5. Gangguan Pencernaan

hamil bayi kembar
hellosehat.com

Selanjutnya, hamil bayi kembar juga bisa ditandai dengan terjadinya gangguan pencernaan yang hebat. Artinya, sesekali kamu akan merasa sulit buang air atau sembelit. Dan sesekali pula kamu akan mengalami diare. Jadi, kondisi pencernaanmu sangat kacau dan tidak stabil bila dibandingkan dengan kehamilan bayi tunggal.

6. Nafsu Makan Berlebih

hamil makan
hellosehat.com

Nah, kalau yang satu ini memang kelihatan sekali. Nafsu makanmu tidak bisa dibendung saat hamil bayi kembar. Kamu akan menjadi lebih rakus dan melahap segala makanan tanpa pilih-pilih. Sebab, itu berkaitan dengan insting, yang mana saat ini kamu harus memberi asupan nutrisi kepada dua orang yang sedang kamu kandung.

Itulah beberapa ciri-ciri hamil bayi kembar yang harus kamu ketahui. Jadi, sudah siap menyambut kehadiran dua bayi yang lucu, kan?

0 Komentar