Darah tinggi atau hipertensi masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup ditakuti oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, ada beberapa penyakit mematikan yang diawali dari darah tinggi, seperti serangan jantung, stroke, sampai gangguan ginjal.

Masalah kesehatan yang satu ini tidak pandang bulu, semua orang bisa mengalaminya, baik anak muda sampai orang tua. Menurut kajian medis, tekanan darah tinggi bisa ditandai saat tekanan darah sudah mencapai sekitar 140/90 mmHg (tekanan sistolik dan distolik) secara beruntutan.

hipertensi
pexels.com

Hipertensi sendiri menyebabkan tekanan darah yang mengalir pada tubuh menjadi lebih tinggi dan kencang daripada normalnya. Hal ini membuat jantung harus bekerja lebih keras daripada biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Yang lebih menakutkan lagi, tekanan darah tinggi sering tidak disadari oleh kebanyakan orang. Jadi, gejala awal hipertensi sangatlah samar dan tidak mudah diketahui sehingga kamu harus tetap waspada terhadap masalah serius yang satu ini.

Sebab, ada begitu banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab tekanan darah tinggi yang perlu kamu ketahui.

Baca juga : Terungkap, Kenapa Golongan Darah O Rawan Kena Demam Berdarah yang Mematikan

1. Obesitas atau Kegemukan

obesitas
pexels.com

Untuk menghindari hipertensi, jagalah postur tubuhmu agar tetap ideal. Sebab, dari kebanyakan kasus terjadi, orang-orang yang kegemukan atau obesitas lebih rentang mengalami tekanan darah tinggi. Hal itu dikarenakan saat kamu terlalu gemuk maka bisa memengaruhi sistem renin angiotensin aldosterone, yaitu pengontrol volume darah pada tubuh. Jadi, saat kamu merasa berat badan sudah berlebih, maka sebaiknya jaga pola makan dan tetap berolahraga.

2. Kebiasaan Merokok

merokok
pexels.com

Mungkin kamu sudah tahu kalau merokok adalah kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan. Sebab, di dalam rokok terdapat segudang racun dan senyawa kimia yang tentunya berbahaya bagi kesehatanmu. Salah satu dampaknya adalah meracuni darah dan mengacaukan lajunya darah yang dialirkan oleh pembuluh. Semakin banyak racun yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin tinggi pula risiko datangnya hipertensi.

3. Genetika

genetika gemuk
hellosehat.com

Memang benar, hipertensi bisa terjadi akibat faktor genetika atau keturunan. Dari beberapa pasien hipertensi, mengaku bahwa memiliki riwayat yang sama dengan orang tua atau keluarga. Namun, kamu tidak perlu takut sebab faktor ini bisa dikontrol dan dicegah supaya tidak muncul. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti jaga asupan makanan, olahraga, istirahat teratur, dan hindari rokok.

4. Garam Berlebihan

garam
pexels.com

Penyebab selanjutnya adalah terlalu banyak garam. Yap, mungkin garam menjadi salah satu primadona dalam setiap masakan. Sebab, masakan tanpa garam akan terasa hambar. Tapi, konsumsilah garam sewajarnya, jangan terlampau banyak karena bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Hal itu dikaernakan garam bisa mengendap pada pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah mengalami penebalan sehingga laju darah terganggu karena ruang yang sempit.

5. Konsumsi Alkohol

alkohol
pexels.com

Sama halnya dengan rokok, alkohol adalah produk minuman yang harus kamu hindari. Jangan pernah sentuh minuman berbahaya ini sebab ada banyak kerugian yang akan kamu dapatkan. Salah satu kerugiannya adalah menyebabkan tekanan darah tinggi secara mendadak. Sebab, alkohol bisa memicu terjadinya kekacauan irama detak jantung yang membuatmu seperti ‘ngos-ngosan’ walau tidak melakukan aktivitas yang berat.

6. Stres Berlebihan

stres
pexels.com

Tahukah kamu kalau ternyata stres adalah biang kerok dari berbagai masalah kesehatan? Yap, hal ini telah dibenarkan oleh pakar medis, bahwasanya stres dapat mengganggu aliran darah dan sirkulasi udara dalam tubuh sehingga sebagian organ tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Lantas, stres juga berpotensi membuat tekanan darah meningkat cepat. Oleh karenanya, ketika kamu mengalami stres akibat pekerjaan atau hal lain, usahakan untuk bisa kelola stres itu dengan baik.

7. Kecanduan Obat

obat
pexels.com

Selanjutnya, hipertensi juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan yang intens. Artinya, jika kamu adalah orang yang ketergantungan pada obat, maka kamu berisiko terkena tekanan darah tinggi. Sebab, obat juga memiliki beberapa efek samping jangka panjang. Untuk itu, sebelum mengonsumsi obat, alangkah baiknya kamu konsultasi dokter terlebih dahulu.

8. Pola Makan

pola makan sehat
pexels.com

Dan yang tidak kalah penting juga adalah mengatur pola makan. Sebab, hampir segala penyakit bermula dari makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Ada beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya hipertensi, seperti daging, mie instan, makanan kemasan, minuman bersoda, dan sebagainya. Sebaiknya, kamu menerapkan pola makan sehat agar terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Jadi, kamu sudah tahu kan, bagaimana caranya terhindar dari tekanan darah tinggi?

0 Comment