Apakah Kecerdasan Anak Hanya Ditentukan oleh Faktor Genetik?

06 October 2019, at 15:00
0
0
Apakah Kecerdasan Anak Hanya Ditentukan oleh Faktor Genetik?

Memiliki anak yang cerdas sepertinya merupakan impian semua orang tua. Berbicara tentang kecerdasan, apakah benar hal tersebut hanya dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan?

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Bahkan, sebuah studi yang terdapat pada jurnal akademik Behavior Science tahun 1982 telah menyebutkan adanya korelasi kecerdasan anak dengan orang tuanya.

Para ahli mengatakan bahwa intelektualitas serta aspek kognitif seseorang dipengaruhi oleh kromosom X. Nggak heran, banyak yang mengklaim bahwa kecerdasan lebih didapat dari sosok ibu yang membawa kromosom XX dibandingkan dengan ayah dengan kromosom XY.

bayi
pexels.com/@kelvinocta16

Namun terlepas dari hal tersebut, banyak ahli yang meyakini bahwa kecerdasan disebabkan oleh faktor lingkungan dan kebiasaan bukan faktor alami.

Hal tersebut lantas dibuktikan dalam penelitian terbaru yang mematahkan anggapan bahwa faktor keturunan berperan paling besar dalam menentukan kecerdasan anak.

Baca Juga: Kegiatan Seru yang Dapat Membantu Meningkatkan Kecerdasan Anak

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 oleh University of Queensland mengalisis DNA dan hasil tes IQ lebih dari 18.000 anak beberapa negara yaitu Belanda, Australia, Inggiris dan Amerika.

keluarga
pexels.com/@j-carter-53083

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa keturunan hanya menyumbang sebanyak 20 sampai 40 persen dari variasi IQ anak-anak, yang ternyata jauh lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Faktanya, anak bisa saja memiliki IQ yang sedang atau rendah meskipun ayah dan ibunya sangat cerdas, begitu juga sebaliknya.

Kondisi tersebut disebabkan oleh faktor lingkungan dan nutrisi yang telah terbukti memiliki peranan paling dominan dalam membentuk kecerdasan anak.

kecerdasan anak
pexels.com/@pixabay

Terlepas dari faktor keturunan, anak bisa memiliki kecerdasan yang tinggi apabila mendapatkan stimulus yang tepat seperti lingkungan dan pola asuh orang yang baik serta makanan yang bergizi.

Jadi, ternyata nggak hanya faktor keturunan kok Sobat Qupas. Si kecil bisa tumbuh menjadi anak cerdas asalkan mendapatkan stimulus yang tepat seperti di atas.

0 Comment