Artotel Surabaya Gelar Pameran Tunggal Pertama Horestes Vicha

22 May 2019, at 11:00
1
0
Artotel Surabaya Gelar Pameran Tunggal Pertama Horestes Vicha

Artotel Surabaya kembali menyelengarakan pameran seni. Kali ini giliran seniman lokal asal Yogyakarta, Horestes Vicha. Pameran tunggal untuk pertama kalinya yang diselengarakan di ARTSPACE, Lobby Level tersebut menampilkan 3 karya seni visual yang bertajuk Lost and Found.

Memasuki area lobby Artotel Surabaya, para pengunjung akan langsung disambut dengan empat karya Vicha yang berjudul:

  • Psychic Heartbeat
  • The Charm of Passion #1
  • The Charm of Passion #2
  • Humbling Behaviour

Baca juga: Serunya Menginap di Artotel Surabaya, Hotel Unik yang Kental dengan Unsur Seni

Semua karya seniman kolase ini berukuran sama yakni 105 x 150 cm yang dibuat dalam rentan tahun 2018 hingga 2019.

Artotel Vicha 3
Dokumentasi Qupas

Saat ditanya mengenai datangnya ide hingga mampu menghasilkan seni kolase, Vicha tersenyum melebarkan bibirnya. Perjalanan mendapatkan ide baginya didapatkan dari berbagai kegiatan sehari-hari.

Bagi seniman kelahiran Magelang 1993 ini, bukan mencari ide atau proses pembuatan karya yang membutuhkan waktu panjang, melainkan pemilihan media printing.

"Proses yang lama itu memilih media saat dicetak. Mengambarnya lebih mudah," ujar seniman lulusan dari Modern School of Design 2015.

Artotel Vicha 1
Dokumentasi Qupas

Melalui pameran seni "Lost and Found" ini, Vicha menampilkan rangkaian seni kolase yang memperlihatkan keberagaman elemen. Semua karya yang dipajang memperlihatkan perpaduan antara tubuh manusia dan peralatan teknologi.

Melalui simbol dan ikon visual, seniman yang juga bekerja sebagai Graphic Designer ini mengharapkan penikmat lukisan mampu berimajinasi dan mendapat pencerahan setelah melihatnya. Meski begitu, siapa saja dibebaskan menafsirkan makna di balik 4 visual tersebut.

Sebagai seniman yang mengidolakan Eko Nugroho, Vicha mengaku sempat mengikuti gaya sang seniman. Namun ia merasa hal itu bukan dirinya. Ia merasa untuk berkarya harus memiliki hati yang bahagia. Saat momen tersebut, Vicha menciptakan 4 karya yang kini terpampang di lobby Artotel Surabaya.

Baca juga: Karya Seni Unik yang Terinspirasi dari Serangga Juga Pernah Ditampilkan di Artotel Surabaya, Lho!

Artotel Vicha 2
Dokumentasi Qupas

Melalui karyanya, Vischa juga ingin mengenalkan karya digital yang tak banyak dikenal masyarakat. Tak hanya itu, seniman digital ini juga memproduksi merchandise seni dengan brand-nya sendiri bernama Hors.

Eggy Rigita, Hotel Manager Artotel Surabaya mengatakan, "Melalui program APS yang kami selenggarakan secara rutin di Artotel Surabaya, tentunya menjadi sebuah kesempatan bagi seniman lokal Indonesia khususnya yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, seperti Vicha, untuk dapat menyuarakan pendapat mereka tentang kondisi Indonesia saat ini melalui karya mereka."

Tak sabar ingin melihat karya seniman asal Kota Gudeg ini? Langsung aja berkunjung ke Artotel Surabaya. Kamu bisa melihat lukisan Vicha di Lobby level hingga 31 Juli 2019. Jangan sampai terlewat!

0 Comment