Asap Rokok dan 4 Hal Sepele yang Bikin Rambut Beruban di Usia Muda

30 October 2019, at 18:00
0
0
Asap Rokok dan 4 Hal Sepele yang Bikin Rambut Beruban di Usia Muda

Rambut mulai muncul uban mungkin hal yang lumrah kalau terjadi pada orang yang sudah tua. Tapi, kondisi ini juga sering dialami oleh anak muda yang masih berusia 20-an lho.

Uban atau rambut yang memutih bisa terjadi karena folikel rambut menghasilkan lebih sedikit pigmen pemberi warna alami. Hal ini ternyata bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah asap rokok. Kok bisa ya?

Nah, daripada penasaran, langsung simak aja yuk penyebab rambut beruban di usia muda berikut ini!

1. Asap Rokok

wanita merokok
localtvwiti.files.wordpress.com

Bukan cuma mengganggu kesehatan tubuh, asap rokok ternyata bisa bikin rambut cepat beruban lho. Bahkan hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 lalu.

Dilansir dari cnnindonesia.com, dalam Indian Dermatology Online Journal menunjukkan bahwa perokok mempunyai peluang 2,5 kali lebih besar untuk beruban di usia muda.

Hal ini karena tingginya radikal bebas dalam asap rokok bisa memengaruhi kesehatan dan warna rambut.

2. Polusi

polusi udara menyebabkan rambut beruban
cloudfront.net

Beberapa waktu lalu, masalah polusi udara sempat jadi perbincangan hangat di Indonesia. Siapa sangka, kualitas udara yang buruk juga berpotensi membuat rambut cepat beruban.

Lagi-lagi, penyebabnya adalah radikal bebas yang dihasilkan oleh polutan dan racun. Oleh sebab itu, polusi udara bisa merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.

Baca juga: 6 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Uban yang Muncul di Usia Muda, Coba deh!

3. Masalah Autoimun

wanita memegang rambut
hairfinder.com

Rambut beruban di usia muda juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Salah satu contohnya adalah masalah autoimun kulit atau biasa disebut alopecia areata.

Para penderitanya biasanya memiliki benjolan-benjolan sangat kecil seperti jerawat di kulit kepala dan mengalami rambut rontok. Ketika tumbuh kembali, yang muncul adalah rambut berwarna putih.

4. Faktor Genetik

saudara kembar
asiaone.com

Penyebab rambut beruban di usia muda bisa disebabkan oleh faktor genetik. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu.

Jadi, kalau orang tua atau saudaramu sudah muncul uban di usia 20-an. Hal yang sama mungkin juga akan terjadi padamu.

5. Perubahan Hormon

wanita beruban
goodfon.com

Pernah dengar kalau perubahan hormon bisa memengaruhi penuaan hingga memicu munculnya jerawat? Hal itu memang benar adanya.

Tapi selain itu, perubahan hormon dari waktu ke waktu juga bisa memengaruhi tekstur, kepadatan, hingga warna rambut lho. Kondisi ini biasanya mulai terlihat ketika kamu berusia 30 tahun.

Nah, itulah beberapa penyebab rambut beruban di usia muda. Jadi nggak bertanya-tanya lagi kan sekarang?

0 Comment