Qupas Family

Asupan Gizi yang Nggak Seimbang Berdampak Buruk pada Perkembangan Anak

04 February 2020, at 12:00
Asupan Gizi yang Nggak Seimbang Berdampak Buruk pada Perkembangan Anak

Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang melalui makanan yang dikonsumsi.

Akan tetapi, nggak semua orang tua sadar akan hal ini. Beberapa orang tua mungkin nggak terlalu memerhatikan kandungan gizi makanan untuk anak dan berfikir bahwa membuatnya kenyang saja sudah cukup.

Nggak hanya itu, sikap pemilih si kecil juga bisa menyebabkan asupan gizi nggak seimbang lho. Padahal, asupan gizi yang nggak seimbang bisa berdampak buruk pada perkembangan buah hati seperti berikut.

1. Berat Badan Anak

Gizi Anak (Foto: verywellhealth.com)
verywellhealth.com

Asupan nutrisi yang nggak seimbang pada anak salah satunya dapat memengaruhi berat badan. Misalnya, apabila si kecil mendapatkan terlalu banyak kalori, maka kemungkinan besar buah hati akan mengalami kegemukan bahkan berisiko obesitas.

Sedangkan apabila anak nggak mendapatkan asupan kalori yang cukup, maka si kecil mungkin nggak akan mencapai berat badan ideal.

2. Menyebabkan Stunting

Penyebab Stunting (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Selain menyebabkan masalah berat badan, asupan nutrisi yang nggak seimbang juga dapat mengganggu perkembangan anak lainnya termasuk menyebabkan stunting.

Stunting nggak hanya berpengaruh pada kondisi fisik buah hati, namun juga bisa membuat perkembangan otak serta emosinya kurang maksimal.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu Tentang 4 Pola Asuh dan Pengaruhnya pada Perkembangan Anak

3. Mengalami Masalah Konsentrasi

Konsentrasi Anak (Foto: nypost.com)
nypost.com

Dampak negatif anak mendapatkan asupan nutrisi yang nggak seimbang lainnya adalah mengalami masalah konsentrasi.

Anak usia sekolah membutuhkan karbohidrat dan protein lebih banyak dipagi hari untuk berkonsentrasi. Kekurangan atau kelebihan zat-zat tersebut dapat membuat si kecil mudah mengantuk, sulit berkonsultasi, dan rewel.

4. Masalah Kesehatan Pencernaan

Dampak Asupan Gizi Nggak Seimbang (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Masalah kesehatan pencernaan juga bisa menjadi dampak buruk saat anak nggak mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh si kecil yang susah makan sayur dan buah. Maka dari itu, orang tua sebaiknya lebih kreatif agar buah hati tertarik mengonsumsinya.

Wah, ternyata asupan gizi yang nggak seimbang bisa berdampak buruk pada anak ya! Yuk mulai perhatikan dengan seksama Bunda!