Asyiknya Camping di Waduk Parang Gombong, Wisata Purwakarta Rasa New Zealand

04 May 2019, at 04:00
0
0
Asyiknya Camping di Waduk Parang Gombong, Wisata Purwakarta Rasa New Zealand

Purwakarta memang istimewa, termasuk soal pariwisatanya. Nggak kalah dari wilayah di Jawa Barat lain seperti Bandung ataupun Bogor, di sini banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Sebut saja Waduk Parang Gombong. Namanya memang tradisional, tapi pemandangan yang disuguhkan seperti di luar negeri. Bahkan kamu juga bisa menemukan banyak keistimewaan dari tempat ini. Apa saja itu?

Baca juga: Purwakarta Punya Wisata ala Eropa, Instagenik Banget!

1. Tempat Asyik untuk Saksikan Sunset

sunset parang gombong
instagram.com/habib_farindra

Nggak harus ke pantai maupun pucuk gunung, cukup ke Waduk Parang Gombong pun kamu sudah bisa melihat sunset.

Sambil duduk di tepi danau, kamu bisa menyaksikan matahari perlahan-lahan tenggelam. Belum lagi dengan udara sejuk di kawasan wisata di Jawa Barat ini yang semakin membuatmu betah berlama-lama di sini.

2. Camping di Waduk Parang Gombong

camping parang gombong
instagram.com/dickymia

Belum puas melihat suasana sejuk dan melihat pemandangan alamnya? Kamu bisa mendirikan tenda di sekitar Waduk Parang Gombong.

Tapi kamu harus mendapatkan izin dulu dari pengelola supaya bisa camping di sini. Biayanya sekitar Rp10.000,00 per malam dan ditambah dengan tarif toilet seikhlasnya.

3. Aktivitas Seru Lain di Waduk Parang Gombong

waduk parang gombong
instagram.com/_kopites_man

Waduk Parang Gombong memang istimewa. Bukan cuma melihat sunset atau camping saja, aktivitas seru lainnya pun bisa kamu lakukan di wisata Jawa Barat yang juga disebut sebagai Pantai Parang Gombong ini.

Misalnya saja seperti melihat hewan ternak di sekitar waduk maupun keliling wisata ini dengan menyewa perahu. Ini bisa jadi kegiatan asyik sambil menunggu detik-detik tenggelamnya matahari. Selain itu, memancing juga nggak kalah seru untuk dilakukan di sini.

Baca juga: Selain Bandung dan Bogor, Wilayah Jawa Barat Ini Juga Punya Segudang Wisata Asyik!

4. Fasilitas di Waduk Parang Gombong

parang gombong
instagram.com/nabilahamzah01

Jangankan camping ground. Warung makan yang buka sampai 24 jam pun ada. Nggak ketinggalan juga toilet dan musala yang disediakan oleh para pemilik warung.

5. Cara ke Waduk Parang Gombong

akses ke parang gombong purwakarta
instagram.com/ochynitynew

Lokasi Waduk Parang Gombong ada di Kutamanah, Sukasari. Untuk ke wisata di Purwakarta yang masih bagian dari Waduk Jatiluhur ini kamu bisa pakai kendaraan roda atau empat.

Perjalanan dari Kota Purwakarta butuh waktu kurang lebih selama 30 menit. Akses menuju ke wisata ini sudah baik dengan kontur jalan aspal dan sebagian jalanan juga sudah dibeton.

6. Tips ke Waduk Parang Gombong

waduk parang gombong purwakarta
instagram.com/ratna.a.putri

Setiap tempat wisata pasti ada peraturan yang harus ditaati. Begitu pula dengan Waduk Parang Gombong yang melarang pengunjung terlalu berisik di atas jam 18.00 WIB. Ini karena ada kepercayaan masayarakat bahwa bendungan ini juga merupakan rumah bagi makhluk halus.

Oleh karena itu, tetap jaga kesopanan dan jangan terlalu berisik saat di wisata Purwakarta ini ya, Sobat Qupas! Soalnya ada pengalaman buruk dari seorang petualang yang berakhir dengan kerasukan.

Gimana, terlepas dari cerita mistis masyarakat, Waduk Parang Gombong recommended untuk kamu kunjungi. Terlebih untuk kamu yang ingin merasakan sensasi camping di area mirip luar negeri.

0 Comment