Asyiknya Ngabuburit di Stonehenge Cangkringan, Wisata Jogja yang Membuatmu Serasa di Inggris

14 May 2019, at 10:00
0
0
Asyiknya Ngabuburit di Stonehenge Cangkringan, Wisata Jogja yang Membuatmu Serasa di Inggris

Kehadiran Stonehenge Cangkringan memang jadi angin segar bagi para wisatawan. Terletak di kaki Gunung Merapi, tempat wisata di Jogja ini seakan membangkitkan lagi pariwisata di kawasan Merapi yang dulu sempat porak poranda akibat erupsi di tahun 2010.

Kini destinasi di Jogja ini semakin cantik dan dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas yang semakin membuat pengunjung lebih nyaman.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak soal wisata ala Inggris ini, yuk simak ulasan berikut! Siapa tahu kamu ingin liburan sambil menunggu waktu berbuka di tempat ini.

Baca juga: Jogja Punya Spot Foto Keren di Bawah Gunung, Lho!

1. Diadopsi dari Wisata Luar Negeri

stonehenge cangkringan sleman
instagram.com/sheto_chenko

Belum sempat liburan ke Inggris? Tenang, Stonehenge Cangkringan bisa membawamu seolah sedang berada di negara yang merupakan bagian dari Britania Raya itu.

Yap! Tempat wisata di Jogja ini memang mengadopsi struktur unik di Inggris, Stonehenge. Bukan cuma nama, bentuk keduanya pun mirip.

Bedanya, Stonehenge di Inggris terletak di padang rumput yang luas. Sementara Stonehenge di Jogja ada di kawasan kaki Gunung Merapi.

2. Terbuat dari Bebatuan Sisa Erupsi

stonehenge cangkringan
instagram.com/canro.simarmata

Stonehenge Cangkringan Jogja ternyata juga menyimpan cerita menarik. Siapa sangka, ternyata pembangunan spot instagenik ini dari sisa erupsi Gunung Merapi.

Jadi bukan cuma bisa sekedar hunting foto atau menikmati pemandangan di sekitar. Kamu juga bisa melihat saksi bisu bencana yang terjadi pada tahun 2010 lalu.

Baca juga: Perengan Park Jogja, Wisata Taman Bunga di Tepi Jalan yang Asyik untuk Ngabuburit

3. Ada di Dekat The Lost Worl Castle

stonehenge merapi jogja
instagram.com/chaniiiss

Lokasi Stonehenge Cangkringan sendiri ada di kawasan The Lost World Castle, tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Dari pusat Kota Jogja, destinasi ini pun bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit perjalanan.

Rute yang bisa kamu ambil adalah menuju ke Kecamatan Kaliurang sampai ke Kaliadem. Selanjutnya kamu bisa menuju ke Desa Bebeng.

stonehenge cangkringan jogja
instagram.com/geebooyy

Dari sana, kamu bisa tanya ke warga setempat untuk menuju ke lokasi Stonehenge Cangkringan yang ada di Dusun Petung. Gampang kan?

Lebih gampangnya lagi, kamu bisasewa jeep yang biasanya digunakan untuk Lava Tour. Tapi kamu bisa menyewanya untuk melakukan perjalanan ke Stonehenge Cangkringan kok.

4. Tempat Wisata yang Aman

stonehenge merapi
instagram.com/triratnaasp

Mungkin sebagian dari kamu masih khawatir saat ingin ke Stonehenge Jogja. Apalagi destinasi di Sleman ini ada di kawasan Gunung Merapi yang notabene sempat erupsi.

Tapi kamu nggak perlu terlalu risau, soalnya pengelola wisata yang buka setiap hari dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB ini sudah menyiapkan jalur evakuasi khusus. Kalaupun nanti ada sesuatu yang nggak diinginkan, kamu bisa segera menjauh dari wilayah yang lebih aman.

stonehenge jogja
instagram.com/thejourneyofjogja

Bukan cuma aman, objek wisata di Jogja ini pun sudah punya fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir. Bahkan kamu juga cuma perlu membayar tiket masuk senilai Rp15.000,00 saja, lho. Murah kan? 

Gimana, tertarik ngabuburit di Stonehenge Cangkringan Jogja? Mumpung harga tiket masuknya murah meriah dan lokasinya juga dekat dengan salah satu wisata hits di Jogja, The Lost World Castle.

0 Comment