Asyiknya Renang di Danau Weekuri Sumba, Bikin Kamu Mengapung Tanpa Harus Pakai Pelampung!

19 June 2019, at 08:00
0
0
Asyiknya Renang di Danau Weekuri Sumba, Bikin Kamu Mengapung Tanpa Harus Pakai Pelampung!

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau keindahan alam Indonesia memang luar biasa. Salah satu wilayah yang sedang banyak digandrungi adalah Nusa Tenggara Timur, khususnya Sumba. Bicara soal Sumba, Danau Weekuri kini jadi daya tarik baru para pelancong.

Wisata Danau Weekuri ini jelas akan membuatmu terpesona. Bagaimana tidak, danau yang terletak di Sumba Barat ini memiliki air sebening kaca loh! Bahkan akibat kadar garamnya yang tinggi, kamu bisa mengapung dengan sendirinya di danau ini.

Baca juga: Ada di NTT! Kamu bisa Seberangi Lautan Lewat Jembatan Batu, Lho!

Nah, buat kamu yang belum tahu tentang danau cantik ini, simak infonya di bawah ini yuk!

1. Sebenarnya adalah laguna

danau weekuri sumba
instagram.com/ibnukf

Danau Weekuri ini terbilang unik dibanding danau pada umumnya yang ada di Indonesia. Ini karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Rasa asin sendiri didapat karena sebenarnya Danau Weekuri adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air lautan lepas yang berada di sekitarnya. Kemudian air tersebut masuk dari celah-celah bebatuan yang ada di gugusan karang.

2. Danau yang punya beragam warna

danau weekuri
instagram.com/journey_awan

Bukan cuma soal rasa, keunikan lain dari tempat wisata di Sumba ini adalah dengan adanya beberapa titik sumber air. Akibatnya, gradasi warna air di danau jadi bervatif, seperti biru cerah sampai biru sedikit kehijauan.

Selain itu, kondisi perairannya ada yang terasa hangat dan dingin lho. Jarang banget deh ditemui di danau-danau lain di Indonesia.

3. Danau dengan kadar garam tinggi

weekuri lagoon
instagram.com/jenniferchristyk

Danau Weekuri di Sumba bisa bikin kamu mengapung tanpa pelampung. Kenapa ya? Jawabannya karena kadar garam di danau ini tinggi.

Itulah kenapa kamu bisa bebas mengapung tanpa harus pakai pelampung. Bahkan kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: 6 Wisata di Sumba Ini Bikin Kamu Lupa Lombok!

4. Batuan cantik di sekitar danau

waikuri lake sumba
instagram.com/naldlumankun

Bukan cuma kejernihan airnya yang menarik. Bebatuan yang ada di sekelilingnya juga cukup memikat. Mulai dari jenis batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit, sampai ada pula batuan karang yang ditumbuhi tumbuhan seperti kaktus.

5. Akses menuju danau masih terbatas

waikuri lake
instagram.com/dartjong

Lokasi Danau Weekuri ada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Jaraknya sekitar 60 kilometer dari Tambolaka (ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya). Aksesnya masih sulit karena belum ada transportasi umum dan jauh dari perkotaan. Petunjuk jalan menuju lokasi pun belum ada.

Dari Tambolaka, kamu bisa kendaraan bermotor dulu, baik motor atau mobil. Biaya sewa mobil plus sopirnya sekitar Rp500.000,00 sampai Rp600.000,00 per hari. Sementara untuk motor sekitar Rp100.000,00 sampai Rp150.000,00 per hari.

danau weekuri ntt
instagram.com/sanasiniyo

Kondisi jalan ke Weekuri pun variatif. Ada yang sudah beraspal halus, tapi ada juga yang masih berbatu dan masih proses pengerasan tanah.

Di tengah perjalanan menuju danau, kamu bakal melihat resort milik warga Perancis yang mengelola Pantai Mandorak. Nggak jauh dari sana, kamu akan memasuki kawasan Danau Weekuri yang ditandai dengan adanya pos penjaga. Penduduk setempat menjaga pos tersebut.

Kamu juga cuma perlu membayar dana seikhlasnya saja untuk bisa memasuki kawasan danau. Dari pos tersebut, kamu masih harus jalan kaki sekitar 20 meter untuk menuju titik lokasi wisata.

6. Kapan waktu terbaik mampir ke Danau Weekuri?

weekuri lagoon sumba
instagram.com/drg_nancyaryasubawa

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Weekuri adalah saat sore hari. Ini karena matahari mulai condong ke barat, sehingga langit biru akan memantulkan cahaya ke danau. Selain itu, kamu juga bisa melihat kecantikan matahari terbenam dari puncak bukit karang yang ada di sekitar danau.

Jadi, kapan mampir ke Danau Weekuri? Meski fasilitas seperti warung makan, toilet, bahkan penginapan belum tersedia di sini, tapi pesona wisata Sumba ini nggak kalah menarik. Terutama karena suasananya yang masih alami.

0 Comment