Atasi Berbagai Masalah Kecantikan dengan Daun Jambu

27 June 2018, at 02:00
1
0
Atasi Berbagai Masalah Kecantikan dengan Daun Jambu

Skincare atau produk perawatan kulit tidak harus terbuat dari bahan-bahan yang mahal. Sebab, banyak bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit yang hasilnya nggak kalah dengan produk skincare buatan pabrik. Misalnya saja daun jambu biji.

 

Selama ini orang mengetahui bahwa daun jambu biji hanya dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Nyatanya, daun jambu biji sebenarnya kaya akan anti oksidan, anti bakterial, dan anti inflamasi yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan.

 

pxhere.com

 

Berikut ini beberapa manfaat daun jambu biji untuk perawatan kecantikan kulit yang sayang untuk kamu lewatkan.

 

Mengatasi jerawat

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, daun jambu biji yang juga memiliki kandungan anti bakterial mampu membasmi bakteri penyebab jerawat serta berkhasiat untuk mengeringkan jerawat. Haluskan beberapa lembar daun jambu biji lalu aplikasikan pada area yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hingga jerawat hilang.

 

Menghilangkan komedo

Munculnya whiteheads dan blackheads pada daerah hidung dan dagu tentu saja mengganggu penampilan. Namun, kamu nggak perlu panik, komedo yang biasanya dialami pemilik kulit berminyak ini dapat dihilangkan dengan menggunakan scrub yang terbuat dari daun jambu biji yang diblender dengan sedikit, air lalu diaplikasikan pada daerah hidung dan dagu secara rutin.

 

Mengencangkan kulit

Dengan kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi di dalamnya, daun jambu biji juga bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Rebus beberapa lembar daun jambu biji, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh wajah agar kulit terasa kencang, sehat, segar, dan bebas dari kerutan. Lalu bilas dengan air dingin untuk membilas sisa-sisa air rebusan.

 

Mengatasi noda dan bintik hitam pada wajah

Daun jambu biji memiliki toning agents yang bermanfaat sebagai salah satu cara untuk mengatasi noda dan bintik kehitaman sekaligus mencerahkan wajah yang kusam. Tumbuk dan haluskan beberapa lembar daun jambu biji, lalu rebus pada air yang mendidih hingga berwarna merah kecoklatan dan kental.

Setelah dingin, celupkan kapas pada larutan daun jambu biji lalu aplikasikan pada kulit yang bernoda lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

Seringkali kita tidak sadar, bahwa ada banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Daripada harus mengeluarkan biaya yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita untuk mempercantik penampilan seperti daun jambu ini. Tertarik mencobanya?

0 Comment