Awas! 4 Kesalahan Ini Ternyata Bikin Sunscreen yang Kamu Pakai Jadi Terbuang Percuma

24 April 2019, at 13:00
0
0
Awas! 4 Kesalahan Ini Ternyata Bikin Sunscreen yang Kamu Pakai Jadi Terbuang Percuma

Mengaplikasikan sunscreen sebelum memulai aktivitas sehari-hari memang jadi hal wajib untuk melindungi kulit dari bahaya yang ditimbulkan oleh sinar UV.

Tapi, apakah dengan mengoleskan produk sunscreen terbaik, kulitmu secara otomatis akan terlindung dari efek sinar ultraviolet? Ternyata nggak juga lho.

Dilansir dari bustle.com, berikut ini adalah 4 kesalahan yang membuat sunscreen yang kamu pakai jadi kurang efektif.

1. Memakai skincare lain setelah sunscreen

kesalahan saat memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Produk perawatan wajah yang wajib dipakai pagi hari memang banyak sekali jenisnya. Kalau urutan pemakaiannya salah, tentu hasilnya nggak akan efektif.

Dan satu yang perlu kamu ingat adalah, jangan pernah mengaplikasikan skincare lain di atas atau setelah sunscreen.

Menurut dokter kulit, Sejal Shah, memakai pelembab wajah setelah sunscreen ternyata bisa mengubah cara kerjanya.

mencampur foundation dengan sunscreen
shefinds.com

Lebih dari itu, mencampurkan tabir surya dengan foundation atau makeup lainnya juga nggak disarankan. Karena, mengaduk dua produk seperti itu ternyata membuat kadar SPF yang ada di dalamnya jadi kurang efektif.

Itulah mengapa, layering skincare dengan urutan yang benar lebih dianjurkan karena efektivitas sebuah produk bisa terjaga.

2. Terlalu sedikit mengoleskan sunscreen

takaran memakai sunscreen
instagram.com/dhcskincare

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, seberapa sih takaran yang pas saat memakai sunscreen? Untuk produk berbentuk cream, jumlah yang disarankan adalah setara dengan dua sendok teh.

Takaran ini bila kamu mau mengaplikasikannya di area wajah, leher, juga lengan seperti penggunaan sehari-hari. Untuk produk berbentuk spray, semprotkan sunscreen ke area yang membutuhkan selama 6 detik.

memakai sunscreen  spray
stylecraze.com

Selama ini, ternyata masih banyak yang menyemprotkannya selama 2 detik saja. Setelah itu dab dab dengan tangan supaya lebih meresap.

Untuk sunscreen stick, oleskan merata ke seluruh wajah sebanyak dua kali. Dan jangan lupakan area tertentu seperti kelopak mata dan telinga.

Selain itu, baiknya gunakan sunscreen minimal 20 menit sebelum kamu keluar rumah. Supaya formulanya bisa bekerja dengan baik untuk melindungi kulitmu.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Kondisi dan Jenis Kulit

3. Melewatkan pemakaian sunscreen di area tertentu

kesalahan saat memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Dari penelitian yang dilakukan PLOS One, kebanyakan orang ternyata cenderung melewatkan 11% area di wajahnya ketika menggunakan sunscreen.

Biasanya, area yang dilewatkan adalah pada bagian kelopak mata, telinga, leher, punggung tangan, dan kaki.

kesalahan dalam mengaplikasikan sunscreen
instagram.com/dhcskincare

Parahnya lagi, area di sekitar mata yang seringnya dilewatkan ternyata memiliki kulit yang cenderung lebih tipis dan paling berisiko terkena kanker kulit.

Mulai sekarang, pastikan untuk mengoleskan sunscreen terbaik pilihanmu secara merata tanpa ada satu area di wajah yang tertinggal ya. Karena efeknya bisa fatal.

4. Lupa untuk mengaplikasikan ulang

kesalahan dalam memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Nggak sedikit juga yang mengira kalau langkah perlindungan terhadap kulit sudah selesai saat ritual 'berdandan' di pagi hari usai.

Padahal, kamu masih harus mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali. Karena pertahanan yang diberikan akan memudar dan nggak bisa bertahan seharian karena berbagai faktor.

tips memakai sunscreen
spaandclinic.com.au

Kalau kamu pergi berenang atau sering beraktivitas di luar ruangan. Cepat aplikasikan ulang sunscreen setelah keluar dari air taupun berkeringat.

Jangan takut juga kalau reapply sunscreen bakalan merusak riasan cantikmu. Sekarang ini banyak lho beauty hacks yang bisa dicoba sebagai cara mengaplikasikan ulang tabir surya tanpa harus khawatir makeup bakalan berantakan.

Baca juga: Cara Jenius untuk Mengaplikasikan Ulang Sunscreen Tanpa Merusak Riasan di Wajahmu

Nah, itulah beberapa kesalahan sepele yang membuat tabir surya jadi nggak efektif di wajah. Selain memilih sunscreen yang baik bagi kulit, pastikan untuk menghindari kebiasaan tersebut.

0 Comment