Awas! 5 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur

27 April 2019, at 07:00
0
0
Awas! 5 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur

Telur merupakan bahan makanan yang bisa kamu temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, karena bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

Selain itu, kandungan protein dan nutrisi yang tinggi di dalamnya juga membuat telur sering kali dipilih untuk melengkapi kebutuhan tubuh.

Tetapi, ternyata telur juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara nggak tepat lho. Seperti ketika dikonsumsi bersamaan dengan 5 makanan berikut ini. Apa saja itu?

Baca Juga: Makanan dan Makanan Ini Nggak Boleh Dimakan Bersamaan, Bisa Nyawa Taruhannya!

1. Teh

teh
pexels.com/@freestocks

Kamu pasti sudah tahu kan kalau minum teh setelah atau bersamaan dengan makan nggak baik untuk tubuh. Hal ini karena kandungan asam fitat pada minuman tersebut dapat mengacaukan penyerapan gizi dari makanan.

Nggak cuma itu, mengonsumsi teh bersamaan dengan telur ternyata juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

teh dan telur
pexels.com/@viktoria-alipatova-1083711

Kandungan tanin pada teh dapat menyatu dengan protein telur dan membentuk sedimen. Hal tersebut kemudian akan masuk ke dalam tubuh dan menjadi susah dicerna.

Apabila terlalu lama tersimpan di perut, sedimen ini akan berubah menjadi racun dan dapat memicu kanker.

2. Tomat

tomat
pexels.com/@pixabay

Siapa nih yang suka makan telur pakai tomat? Mulai sekarang hindari melakukan kebiasaan tersebut ya. Meskipun bagi sebagian orang makanan tersebut terasa enak, tapi nyatanya nggak baik untuk kesehatan.

tomat dan telur
pexels.com/@oliagozha

Kombinasi telur dan tomat dapat mengakibatkan adanya keracunan yang ditandai dengan inflamasi perut. Kamu bisa saja merasa mual, muntah, hingga diare hebat.

Hal ini karena tomat yang dimakan bersamaan dengan telur akan membuat usus dan lambung lebih mudah mendorong semua makanan yang masuk ke tubuh.

3. Daging Kelinci

daging kelinci
pexels.com/@pixabay

Sebagian orang mungkin nggak tega untuk mengonsumsi daging kelinci. Tapi banyak juga orang yang menyukainya karena rasa dan tekstur yang lebih kenyal dari ayam.

Meskipun enak, mengonsumsi daging kelinci bersamaan dengan telur juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lho.

daging kelinci dan telur
pexels.com/@pixabay

Hal ini karena daging kelinci memiliki sifat panas dan rasa manis alami di dalamnya, berbeda dengan telur yang bersifat dingin dan terasa hambar. Perpaduan tersebut bisa memicu terjadinya gangguan intestinal pada tubuh.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Durian

4. Obat Anti Inflamasi

obat anti inflamasi
pexels.com/@freestocks

Mengonsumsi telur setelah atau sebelum minum obat anti inflamasi ternyata juga nggak boleh dilakukan. Hal ini karena lambung nggak akan bisa menerima beban protein yang tinggi dari telur dan kandungan obat secara bersamaan.

Hasilnya, akan terjadi abnormal lemak dalam tinja dan beberapa masalah lainnya seperti peradangan pada sistem pernapasan dan perkemihan.

5. Daging Kura-Kura

daging kura-kura
pexels.com/@skitterphoto

Daging kura-kura memang nggak umum untuk dikonsumsi. Beberapa jenis dari hewan ini juga termasuk dalam satwa yang dilindungi.

Namun beberapa daerah atau orang menganggap makan daging kura-kura adalah hal yang biasa. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui bahayanya apabila dikonsumsi bersamaan dengan telur.

daging kura-kura dan telur
pexels.com/@freestocks

Hal ini akan menimbulkan toksin dalam tubuh karena lambung akan membutuhkan beberapa hari untuk mencernanya.

Jadi gimana Sobat Qupas, kamu sering nggak mengonsumsi telur bersamaan dengan salah satu makanan di atas?

Mulai sekarang hindari makan telur bersamaan dengan makanan di atas agar nggak terjadi masalah kesehatan ya! Bahkan telur yang bergizi akan berubah jadi penyebab penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan.

0 Comment