Awas, Berlagak Sok Kaya Padahal Keuangan Serba Pas-pasan Ternyata Berbahaya

22 November 2018, at 08:00
1
0
Awas, Berlagak Sok Kaya Padahal Keuangan Serba Pas-pasan Ternyata Berbahaya

Memiliki banyak uang dan hidup serba berkecukupan rasanya jadi harapan setiap orang. Karena hal tersebut, akhirnya muncul orang-orang yang berlagak sok kaya.

Media sosial seperti instagram jadi sarana untuk memamerkan kehidupan serba 'wah'. Foto-foto barang-barang branded, makanan mahal, hingga liburan ke tempat kekinian bertebaran dimana-mana.

Tapi bila ditelusuri, tak jarang pendapatan orang-orang ini pas-pasan. Lalu apa motivasinya untuk berlagak sok kaya?

Jawabannya cukup sederhana. Yaitu karena ingin terlihat keren dan dikagumi orang lain.

Padahal gaya hidup sok kaya dengan penghasilan pas-pasan seperti ini cukup berbahaya lho. Mau tahu alasannya? Yuk simak berikut ini.

1. Hidup Serba Boros

ilustrasi wanita yang liburan ke london
kelascinta.com

Demi terlihat kaya, banyak orang yang memburu barang branded dan pergi ke tempat-tempat hits hingga ke luar negeri. Bahkan tak ragu untuk membeli sesuatu yang kurang penting dengan harga fantastis.

Hal ini karena orang yang sok kaya tak pernah bisa menahan kenginannya untuk eksis. Selalu mencoba pamer harta setiap kali ada kesempatan.  

ilustrasi wanita yang berbelanja banyak
windows.net

Kebiasaan menghamburkan uang ini tentu saja membuat hidup jadi serba boros. Mereka akan membeli barang mahal tanpa ragu dan pertimbangan terlebih dahulu.

Padahal barang mahal yang dibeli biasanya tak akan banyak berguna selain sebagai objek foto instagram.

2. Tak Memiliki Tabungan

ilustrasi wanita memegang shopping bags
picdn.net

Bagi yang memiliki kekayaan berlimpah, membeli barang-barang mahal tentu bukanlah hal sulit. Beda kasusnya dengan orang yang penghasilannya serba pas-pasan namun menerapkan gaya hidup mewah.

ilustrasi wanita yang tak memiliki tabungan
moneynuggets.co.uk

Kebiasaan hidup sok kaya ini pasti menimbulkan berbagai masalah keuangan. Salah satunya adalah tak memiliki tabungan.

Bagaimana bisa menabung, kalau semua uangnya habis dibelanjakan demi mengejar gengsi. Padahal tabungan sangat penting untuk antisipasi berbagai situasi yang bisa datang secara tak terduga.

3. Terjerat Hutang

ilustrasi wanita yang memegang shopping bags
purch.com

Hidup serba boros, tak memiliki tabungan, masalah keuangan yang mengintai selanjutnya adalah hutang. Orang yang hidup sok kaya tetap ingin membeli barang harga jutaan rupiah meski dirinya sadar uangnya tak cukup untuk itu.

Akhirnya, untuk mewujudkan keinginannya ini mereka rela berhutang sana sini.

ilustrasi wanita yang berhutang
rolereboot.org

Padahal barang mahal dan kehidupan serba mewah ini kalau dituruti tak akan ada habisnya. Sesuatu yang baru, lebih mahal, lebih keren akan selalu muncul dan menarik untuk dibeli.

Akibatnya, hutang pun sulit berkurang, malah terus bertambah dan semakin sulit untuk ditangani.

Baca juga: Gaji Kamu Pas-Pasan? Ini Trik Menabung Agar Cepat Menikah

4. Rentan Terkena Stres

ilustrasi wanita yang stres
betterbydrbrooke.com

Pernah mendengar bahwa masalah keuangan jadi salah satu penyebab utama seseorang mudah stres? Orang yang sok kaya rentan terkena stres karena seperti yang telah dibahas sebelumnya, mereka cenderung memiliki masalah keuangan.

Stres bisa datang saat mereka tak punya uang lagi untuk memenuhi gaya hidup mewahnya. Gajinya yang pas-pasan juga telah ludes.  

ilustrasi wanita yang sedang memiliki rasa iri
picdn.net

Belum lagi rasa cemas biasanya akan menghampiri karena mereka khawatir tak dianggap keren lagi kalau suatu barang tak berhasil dibeli. Sebab, orang yang berlagak kaya sangat mementingkan persepsi orang lain atas harta yang dimiliki.

Selain itu, gaya hidup ini bisa memunculkan berbagai sifat negatif. Salah satunya adalah perasaan iri saat orang lain lebih dulu mendapatkan barang incarannya.

5. Bisa Merusak Nama Baik

ilustrasi wanita dengan penampilan glamor
glamour.com

Mereka yang berlagak sok kaya bisa diibaratkan seperti orang yang memakai topeng. Setuju?

Penampilannya selalu dihiasi karya desainer terkenal, barang yang dimiliki terlihat mahal dan keren. Padahal dibalik itu semua, keuangannya pas-pasan, bahkan mempunyai rentetan hutang.

ilustrasi perempuan yang nama baiknya hancur
psycom.net

Nah, kalau topeng ini tak bisa bertahan dan wajah aslinya terbongkar, nama baik yang selama ini dibangun akan hancur dengan seketika.

Bukannya mendapat pengakuan dan sanjungan, pada akhirnya orang-orang malah akan mencemooh bahkan meremehkan.

Nah sudah tahu kan bahayanya kalau coba-coba berlagak sok kaya padahal pendapatan saja pas-pasan. Bukannya disegani, masalah keuangan hingga kesehatan mental justru bisa mengikuti.

Hidup apa adanya dan selalu berusaha untuk lebih baik itu malah menyenangkan. Percaya deh!

0 Comment