Awas, di Negara ini Pakai Sunscreen Bakal Membuatmu Kena Masalah Besar

21 December 2018, at 11:00
1
0
Awas, di Negara ini Pakai Sunscreen Bakal Membuatmu Kena Masalah Besar

Bagi sebagian besar orang, pakai sunscreen bisa jadi kebutuhan penting. Terlebih lagi kalau berencana main seharian di pantai.

Tapi ternyata ada negara yang melarang penggunakan produk pelindung dari sinar UV ini, yakni Palau. Pasti ada banyak yang belum pernah mengenal wilayah satu ini.

Perlu kamu ketahui dulu, Palau merupakan negara kepulauan di Samudera Pasifik. Letaknya pun ternyata 200 kilometer sebelah utara dari wilayah Provinsi Papua Barat.

Tempat ini juga menyimpan potensi, terutama di wilayah lautnya. Jadi nggak heran kalau pemerintah berupaya melindungi kekayaan laut. Salah satunya dengan melarang pemakaian sunscreen.

negara palau
islandtimes.us

Seperti dilansir dari CNN Travel, sejumlah sunscreen dilarang pemakaiannya di Palau. Sebab hal ini dikhawatirkan akan membahayakan terumbu karang.

"Sampah plastik, polusi kimia, konsumsi berlebihan dan perubahan iklim semuanya terus mengancam kesehatan 'surga' kita yang masih asli," ungkap Presiden Palau Tommy Remengesau.

Hal itu disampaikan olehnya dalam sebuah pernyataan ketika penandatanganan undang-undang dari Responsible Tourism Education Act of 2018.

"Langkah-langkah yang diambil dalam undang-undang ini akan membantu memastikannya, baik bagi pengunjung maupun penduduk lokal agar lebih sadar terhadap perannya dalam konservasi," sambung Tommy Remengesau.

Baca juga: Meski Indah, 5 Tempat Ini Ternyata 'Mematikan' dan Dilarang Dikunjungi

ilustrasi pakai sunscreen di negara palau
colorescience.com

Berdasarkan Undang-Undang yang berlaku per tanggal 1 Januari 2020 mendatang, sunscreen terlarang yang dibawa turis setelah tanggal tersebut akan disita.

Di sisi lain, penduduk yang masih nekat mengedarkannya, akan dikenai denda senilai 1.000 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 14 juta 500 ribuan rupiah.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata Palau juga mengatakan jika negaranya adalah yang pertama kali di dunia memperkenalkan larangan penggunaan sunscreen dalam skala nasional.

Mereka juga mendaftarkan beberapa senyawa yang dilarang. Hal ini karena bahan-bahan tersebut diduga kuat menyebabkan gangguan endokrin serta kerusakan lainnya terhadap satwa laut, seperti ikan dan invertebrata bahkan juga pada manusia.

bahan-bahan sunscreen berbahaya
theanswersandiego.com

Senyawa-senyawa yang dimaksud seperti:

  • Oxybenzone
  • Octinoxate
  • Octocrylene
  • Triclosan
  • Beberapa senyawa paraben

Sebenarnya senyawa oxybenzone atau octinoxate juga telah dilarang di Hawaii. Hal ini pun sudah tercantum dalam Undang-Undang yang akan diluncurkan pada 1 Januari 2021 mendatang.

Efek yang ditimbulkan pada manusia memang belum dibuktikan secara pasti. Tapi ada fakta yang berkembang bahwa senyawa tersebut mampu menyebabkan pemutihan (bleaching), kelainan bentuk hingga kerusakan DNA.

Lebih parahnya lagi, dapat juga menyebabkan kematian pada karang ketika sunscreen digunakan oleh pengunjung yang masuk ke dalam lautan.

Nah, apakah sunscreen milikmu mengandung senyawa yang sudah Qupas sebutkan di atas? Yuk teliti dulu sebelum membelinya untuk menghindari bahaya. Khususnya kalau kamu ingin liburan ke laut, misalnya saja di Palau.

0 Comment