Qupas Healthy

Awas! Golongan Darah Ini Rentan Mengalami Masalah Kesuburan

22 January 2020, at 08:00
Awas! Golongan Darah Ini Rentan Mengalami Masalah Kesuburan

Seperti yang telah diketahui, terdapat empat tipe golongan darah yaitu A, AB, B, dan O. Meskipun sering diabaikan, ternyata golongan darah sangat penting untuk diketahui lho.

Nggak hanya penting diketahui saat akan melakukan tranfusi atau donor, golongan darah juga seringkali dikaitkan dengan kepribadian dan risiko penyakit yang harus diwaspadai oleh pemiliknya.

Selain itu, golongan darah juga disebut-sebut dapat mempengaruhi kesuburan perempuan. Benar nggak sih? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

Ilustrasi Golongan Darah (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Sebuah penelitain yang dilakukan oleh Yale University dan Albert Einstein College of Madicine membuktikan bahwa golongan darah ternyata dapat berpengaruh terhadap kesuburan perempuan.

Melibatkan 560 wanita yang rata-rata berusia 35 tahun, peneliti mengambil sempel darah peserta untuk diukur kadar Follicle-Stimulating Hormone (FSH) yang merupakan salah satu hormon reproduksi perempuan.

Baca juga: Ciri-Ciri Perempuan yang Kurang Subur, Ayo Segera Periksa!

Setelah diteliti, ditemukan bahwa golongan darah ternyata mempengaruhi produksi FSH. Kadar FSH yang lebih dari 10 menunjukkan bahwa cadangan (jumlah dan kualitas sel telur perempuan) kurang bagus.

Golongan Darah dan Kesuburan Wanita (Foto: classelider.com)
classelider.com

Perempuan dengan golongan darah B dan O memiliki kadar FSH dua kali lebih besar dibandingkan dengan perempuan dengan golongan darah A dan AB.

Hal tersebut menandakan bahwa pemilik golongan darah B dan O memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami penurunan cadangan ovarium atau ketidaksuburan.

Secara singkat, penelitian ini menemukan bahwa perempuan dengan golongan darah A dan AB cenderung lebih subur dibandingkan yang memiliki golongan darah B dan O. Hal tersebut kemungkinan berkaitan dengan perbedaan antigen yang terdapat pada setiap golongan darah.

Golongan Darah dan Kehamilan (Foto: livehealthy.ae)
livehealthy.ae

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi kesuburan perempuan. Mulai dari usia, berat badan, gaya hidup, penyakit, dan lain sebagainya, nggak hanya golongan darah.

Maka dari itu, bukan berarti perempuan yang memiliki golongan darah O dan B selalu nggak subur. FSH yang digunakan dalam penelitian di atas juga bukan satu-satunya metode untuk mengukur kesuburan kok!

Jadi Sobat Qupas nggak perlu khawatir yang berlebihan ya! Kalau ragu, segera periksakan diri ke dokter agar lebih jelas dan mendapatkan penanganan yang profesional.