Awas! Hobi Nonton Film Ternyata Bisa Bikin Cepat Tua Lho

06 November 2019, at 18:00
0
0
Awas! Hobi Nonton Film Ternyata Bisa Bikin Cepat Tua Lho

Bagi sebagian orang, nonton film bukan lagi sebatas hiburan dikala senggang. Tapi sudah menjadi hobi yang rutin dilakukan.

Manfaat menonton film memang cukup banyak. Mulai dari menghilangkan kepenatan, memperluas pengetahuan, memperoleh inspirasi, meningkatkan keterampilan bahasa asing, hingga terapi kesehatan mental.

Meski manfaat yang didapat banyak, hobi nonton film juga bisa berakibat kurang baik bagi kecantikan. Katanya, bisa membuatmu cepat tua. Kok bisa ya?

wanita nonton film
sierravistaaz.gov

Dikutip dari detik.com, sebuah penelitian yang dilakukan beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa sering menonton film bisa memengaruhi penuaan. Hal ini berkaitan dengan ekspresi atau mimik wajah seseorang.

Studi yang dilakukan pada 2000 orang tersebut menemukan kalau aktivitas menyaksikan film-film yang menyeramkan seperti horor dan thriller, umumnya akan membuat penontonnya mengernyitkan dahi atau memicingkan mata.

Baca juga: Benarkah Hobi Minum Bubble Tea Bisa Bikin Kulit Cepat Keriput? Ini Faktanya!

Itulah yang memicu timbulnya garis-garis halus dan kerutan di sekitar wajah. Bahkan bukan cuma film horor lho, genre komedi juga cenderung membuat wajah seseorang cepat keriput.

wanita nonton film horor
pond5.com

Untuk mengekspresikan ketakutan ketika menyaksikan film horor, para penonton biasanya akan membuat gestur wajah sebanyak 20 kali. Sedangkan akibat ketegangan yang disajikan film thriller bisa sebanyak 50 kali.

Berbeda lagi ketika menonton film komedi yang super menggelitik. Rata-rata orang-orang akan tertawa dan senyum sebanyak 115 kali.

Korelasi antara hobi menonton film dan mempercepat penuaan yang didapatkan dari penelitian tersebut bagi beberapa orang mungkin terdengar berlebihan. Tapi, hal ini juga didukung oleh pernyataan Dr Harry Singh.

wanita menonton film di laptop
amazonaws.com

Dokter kulit dari brand Foreo yang memimpin penelitian tersebut awalnya juga terkejut dengan hasil risetnya. Namun, kebiasaan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata selama lima tahun memang mampu memperparah garis-garis halus sebanyak 50%.

Sedangkan tertawa lebar termasuk kebiasaan yang memicu kerutan di ujung mata dan sekitar mulut sebanyak 40%. Meski begitu, kamu nggak perlu takut untuk nonton film ataupun membuat beragam ekspresi wajah.

Hanya saja, coba lebih bijak lagi dalam memilih genre film dan durasi menontonnya. Selain itu, jangan lupa melakukan serangkaian perawatan wajah dengan skincare anti aging supaya awet muda.

0 Comment