Awas, Inilah 8 Penyebab Keguguran yang Wajib Kamu Ketahui

13 September 2018, at 13:39
0
0
Awas, Inilah 8 Penyebab Keguguran yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi setiap pasangan yang baru menikah, tentu saja kehadiran buah hati adalah momen yang paling dinanti-nantikan. Sebab, mereka merasa bahwa sebuah keluarga kurang sempurna jika belum dikaruniai keturunan. Oleh karenanya, tidak heran kalau begitu banyak pasangan muda yang melakukan berbagai cara agar cepat memiliki momongan.

Jika usahanya berhasil, maka hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menjaga janin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebab, tidak sedikit terjadi, wanita yang baru pertama kali hamil mengalami keguguran. Hal itu dikarenakan mereka masih belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang seluk beluk kehamilan.

keguguran
hayatouki.com

Tentu saja hal itu meninggalkan kesedihan dan keluh kesah mendalam. Bisa dibayangkan, ketika momongan sudah dinanti-nanti, tapi harapan itu kandas di tengah jalan. Cukup menyedihkan, bukan?

Yap, untuk itu setiap wanita hamil, khususnya yang baru pertama kali hamil, harus mengetahui apa saja penyebab keguguran yang sebaiknya dihindari. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebabnya.

Baca juga : Tanda Kehamilan Muda, Jangan Jangan Kamu Merasakannya?

1. Kelelahan

penyebab keguguran
inspirasi.co

Keguguran bisa terjadi karena seorang ibu hamil terlalu lelah akibat aktivitas sehari-hari. Selagi mengandung, alangkah baiknya untuk tidak melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan. Karena hal itu tidak hanya berbahaya bagi janin saja, melainkan juga bagi kesehatan sang ibu. Jadi, ketika sedang mengandung, kurangi aktivitas yang bisa membuat tubuhmu lelah dan perbaiki kualitas istirahat.

2. Stres

penyebab keguguran
orami.co.id

Jangan salah, keguguran tidak hanya terjadi karena faktor fisik saja, melainkan juga karena pikiran. Kalau dijelaskan secara medis, stres bisa menyebabkan pembuluh darah mengecil sehingga mengganggu sirkulasi udara dan darah. Ketika sudah seperti itu, sistem imun akan menurun. Kemudian, suplai oksigen, darah, dan nutrisi pun berkurang bagi janin yang menyebabkan terjadinya keguguran pada hamil muda.

3. Lingkungan Tercemar

penyebab keguguran
videoblocks.com

Yang dimaksud lingkungan tercemar adalah ketika seorang ibu hamil tinggal dan berada pada tempat yang tidak sehat. Adapun tempat yang tidak sehat itu bisa diukur dari segi kebersihan, kualitas udara, serta kejernihan air. Sebaiknya, singgahlah pada tempat atau lingkungan yang sehat beberapa waktu sampai pasca persalinan, tujuannya untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi yang dikandung.

4. Kebiaasan Merokok dan Alkohol

penyebab keguguran
hellosehat.com

Kebiasaan merokok dan alkohol memang menjadi salah satu gaya hidup masa kini yang sedang dikagumi oleh kebanyakan orang, khususnya anak muda. Padahal, kebiasaan tersebut sama sekali tidak ada manfaatnya bagi kesehatan. Ada banyak kerugian yang akan didapat, salah satunya adalah keguguran. Oleh karenanya, ketika sedang mengandung, hindari kedua produk tersebut.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

penyebab keguguran
cirebonmedia.com

Gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi pelopor dan biang kerok terjadinya keguguran. Adapun gaya hidup yang tidak sehat seperti gemar mengonsumsi junk food, terlalu banyak kopi, serta hobi begadang. Jika ingin bayi yang dikandung baik-baik saja, maka segeralah mengakhiri gaya hidup yang tidak sehat ini sedini mungkin.

6. Terjadi Infeksi

penyebab keguguran

Penyebab keguguran selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah adanya infeksi pada saluran reproduksi wanita. Hal ini memang samar dan tidak kelihatan tanpa diagnosa medis. Oleh karenanya, ketika sedang mengandung, kamu harus rutin menjaga dan merawat organ keintiman, terutama kebersihannya karena virus dan bakteri masuk melalui organ tersebut.

7. Konsumsi Obat-Obatan

penyebab keguguran
hellosehat.com

Dan yang tidak kalah penting juga, wanita hamil harus memerhatikan apapun yang dikonsumsi, termasuk obat-obatan. Sebab, ada beberapa jenis obat yang bisa membuat janin tidak bisa berkembang dan efeknya cukup mengkhawatirkan. Jika memang membutuhkan obat, alangkah baiknya sesuai dengan resep dokter.

8. Berat Badan

penyebab keguguran
foxnews.com

Yang terakhir adalah berat badan. Hal ini penting dan jangan disepelekan. Kebanyakan orang yang mengalami keguguran adalah karena lemak yang berlebih pada tubuhnya, atau obesitas. Sebab, nutrisi, oksigen, serta darah tidak dapat tersalurkan dengan baik ke janin. Oleh karenanya, perhatikan berat badanmu dari sekarang.

Itulah beberapa penyebab keguguran yang wajib kamu ketahui sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

0 Comment