Awas, Inilah Sederet Penyakit yang Mengintaimu Jika Hobi Mager!

11 October 2018, at 09:21
0
0
Awas, Inilah Sederet Penyakit yang Mengintaimu Jika Hobi Mager!

Mager atau malas gerak memang menjadi sebuah kebiasaan anak muda jaman sekarang. Bahkan, mager sendiri sudah menjadi pola hidup yang dilakukan setiap hari.

Memang benar, mager itu sangat nikmat. Kita hanya perlu bermalas-malasan di kamar sambil main gadget. Kalau lapar, tinggal pesan online tanpa harus keluar rumah terlebih dahulu.

Tapi tahukah kamu kalau kamu hobi mager ternyata memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan? Apalagi buat kamu yang usia muda, mager bisa merugikan fisik maupun mentalmu.

Memang apa saja sih kerugian dari mager? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya.

1. Obesitas

dampak mager
thecut.com

Salah satu risiko mager yang paling sering ditemui adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan kalori dan lemak di dalam tubuhmu menumpuk dan tidak dikeluarkan. Jangan sepelekan obesitas, sebab masalah yang satu ini bisa memicu datangnya berbagai penyakit mematikan seperti penyakit jantung.

2. Otot Lemah

mager
popsugar.com

Dampak dari mager juga bisa membuat ototmu menjadi melemah. Ketika otot sudah lemah, maka kamu akan kesulitan untuk melakukan aktivitas, apalagi aktivitas yang berat dan membutuhkan banyak tenaga. Sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan mager sebelum ototmu tidak bekerja sama sekali.

Baca juga : 8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan

3. Tekanan Darah Kacau

akibat mager
shutterstock.com

Buat kamu yang punya kebiasaan mager setiap hari, coba cek tekanan darahmu sekarang. Pasti hasilnya sangat kacau, kalau tidak rendah ya pasti tinggi. Hal ini terjadi karena sirkulasi darah di dalam tubuh tidak lancar. Ketika kamu memutuskan untuk bergerak atau beraktivitas, maka tekanan darah akan normal kembali.

4. Kematian Mendadak

kematian mendadak
livestrong.com

Pernah dengan kematian mendadak? Asal kamu tahu, menurut WHO ada banyak kasus kematian mendadak terjadi di dunia ini. Salah satu faktornya adalah kebiasaan statis seseorang yang dilakukan secara terus-menerus. Jadi, kurangi kebiasan mager dari sekarang ya!

5. Stres Meningkat

bahaya mager
health.com

Jangan salah, mager bukanlah sebuah kebiasaan yang membuat tenang. Mungkin bisa membuat nyaman, tapi tidak bisa memberi ketenangan. Sebab, dari berbagai riset dilakukan menemui orang-orang yang hobi mager punya tingkat depresi yang tinggi. Mereka tidak mengetahui bagaimana menyenangkannya kehidupan di luar rumah.

6. Produktivitas Otak Menurun

bahaya mager
mednet.co.il

Mager juga menjadi biang kerok yang membuat produktivitas otak seseorang menurun. Ketika kamu selalu mager setiap hari, maka otak tidak akan terlatih sehingga membuat daya pikirnya menurun. Selain itu, otakpun tidak mendapat nutrisi yang seimbang karena laju darah juga tidak lancar.

Nah, itulah sederet bahaya mager bagi fisik dan mentalmu. Jadi, kurangi kebiasaan ini sekarang juga!

0 Comment