Awas, Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Mematikan ini

08 November 2018, pada 04:49
0
0
Awas, Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Mematikan ini

Ngupil atau membersihkan kotoran di dalam hidung adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Sebab, ketika banyak kotoran yang menempel di hidung maka akan memberi rasa tak nyaman dan juga mengganggu pernapasan. Oleh karenanya, tak heran kalau hampir semua orang memiliki kebiasaan ini.

Kalau hanya sekedar membersihkan hidung, masih terbilang aman. Tapi kalau kebiasaan ini menjadi hobi, maka tidak baik juga bagi kesehatan.

Mungkin kamu pernah lihat ada orang yang hobi banget ngupil. Bahkan, orang yang hobi ngupil itu terkesan memaksakan. Padahal hidung sudah bersih tapi masih saja dikorek-korek yang menyebabkan kulit hidung menjadi luka.

Awas, Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Mematikan ini

Sebenarnya, ngupil itu aman-aman saja dilakukan asal tidak berlebihan. Ketika terlalu berlebihan, akan ada efek negatif, salah satunya adalah kulit terluka akibat lecet.

Namun, ada efek yang lebih mengerikan dari kebiasaan ngupil. Dikutip dari hasil penelitian yang dipublikasi di European Respiratory Journal, menyebutkan jika kebiasaan ngupil bisa menyebabkan terjadinya pneumonia atau infeksi paru-paru.

Asal kamu tahu, pneumonia merupakan penyakit berbahaya yang menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Diperkirakan infeksi ini sudah memakan 1,3 juta nyawa. Tentu saja jumlah tersebut bisa menggambarkan bagaimana sadisnya penyakit ini.

Baca juga: Inspiratif, Inilah Kisah Vlogger Cantik yang Makan dengan Selang Hidung

Awas, Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Mematikan ini
hipwee.com

Memang terdengar cukup mengerikan, tapi begitulah faktanya. Ketika kamu terlalu sering ngupil, maka kesempatan bakteri masuk ke dalam hidung akan lebih banyak.

Seperti diketahui, ngupil adalah kegiatan memasukkan tangan ke dalam hidung. Jadi, semakin sering kamu memasukkan tangan ke hidung, maka semakin besar kemungkinan bakteri ikut masuk.

Awas, Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Mematikan ini
bbci.co.uk

Bahkan, para pakar yang melakukan penelitian tersebut menuturkan jika pertukaran bakteri tidak hanya dari memasukkan jari tangan ke hidung saja, melainkan memegang hidung dari luarpun bisa berpotensi membuat infeksi saat tangan dipenuhi dengan bakteri.

Oleh karenanya, untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi paru-paru, ada baiknya untuk memastikan jika tangan benar-benar bersih sebelum atau sesudah ngupil. Dan jangan terlalu keras karena luka lecet itu akan meradang ketika bakteri berkumpul di dalamnya.

Topik:

0 Komentar