Qupas Healthy

Awas, Memencet Jerawat di Area Ini Bisa Membahayakan Nyawamu!

26 December 2019, at 04:00
Awas, Memencet Jerawat di Area Ini Bisa Membahayakan Nyawamu!

Hampir semua orang pasti menginginkan wajah yang mulus dan bersih. Maka dari itu, saat jerawat muncul kebanyakan orang ingin segera memencetnya dan membersihkannya.

Nggak hanya karena faktor estetika, memencet jerawat juga dianggap menyenangkan bagi sebagian orang. Beberapa bahkan mengaku mendapatkan kepuasan tersendiri dari kegiatan tersebut lho.

Meskipun demikian, memencet jerawat merupakan hal yang nggak dianjurkan. Selain karena akan menyisakan bekas, kegiatan tersebut juga bisa berdampak fatal bahkan membahayakan nyawa apabila dilakukan di area-area tertentu.

segitiga kematian
thesun.co.uk

Menurut seorang dokter di Johns Hopkins Center for Health Security, dr. Amesh A. Adalja, wajah manusia memiliki area khusus yang disebut sebagai triagle of death atau segitiga kematian yang dimulai dari pangkal hidung hingga kedua sudut mulut.

Baca Juga: Letak Jerawat Bisa Menjadi Tanda Masalah Kesehatan, Kamu Sudah Tahu?

Bukan tanpa sebab, area segitiga tersebut disebut demikian karena di kulit bagian dalamnya terdapat sejumlah pembuluh darah yang vital karena langsung terhubungan dengan otak.

memencet jerawat
istockphoto.com

Itulah sebabnya, memencet jerawat di area tersebut bisa berbahaya dan berakibat fatal. Apabila terjadi infeksi, penyebarannya menuju otak akan sangat mudah dan cepat.

Jika jerawat yang ada di area segitiga tersebut pecah, maka bakteri akan lebih mudah masuk dan menginfeksi pembuluh darah di area otak. Hal tersebut berisiko menyebabkan kelumpuhan, kehilangan penglihatan, radang selaput otak, bahkan kematian.

Meskipun kasus kematian akibat memencet jerawat merupakan hal yang langka, namun dr. Benjamin Barankin dari Acne and Rosacea Society of Canada mengungkapkan bahwa hal tersebut mungkin saja terjadi.

bahaya memencet jerawat
calyxta.com

Terlepas dari bahaya tersebut, para pakar kecantikan sepakat bahwa memencet jerawat merupakan hal yang sebaiknya dihindari karena justru menyebabkan peradangan, bekas luka, dan bopeng.

Wah, ternyata bahaya memencet jerawat ternyata menakutkan ya Sobat Qupas. Setelah mengetahuinya, kamu masih berani melakukannya?