Awas, Mencium Bayi yang Baru Lahir Bisa Sebabkan Hal Berbahaya ini

27 September 2018, pada 03:02
0
0
Awas, Mencium Bayi yang Baru Lahir Bisa Sebabkan Hal Berbahaya ini

Bicara tentang persalinan, ada sebuah kebiasaan yang sering kita temui saat ini, yaitu memegang bayi dan menciumnya saat baru saja dilahirkan. Hal tersebut merupakan wujud serta ungkapan kasih sayang karena yang dinanti-nanti selama 9 bulan akhirnya tiba.

Tapi, tahukah kamu kalau hal itu ternyata tidak boleh untuk dilakukan? Yap, mencium bayi yang baru saja dilahirkan adalah hal yang merugikan bagi bayi. Bahkan, disebut-sebut juga kalau kebiasaan ini bisa mengancam kesehatan sang buah hati.

Awas, Mencium Bayi yang Baru Lahir Bisa Sebabkan Hal Berbahaya ini
lisaraleigh.com

Seperti kasus yang baru menimpa Lucy Kendall, yang baru saja mengalami nasib tidak baik pada bayinya. Dilansir dari laman Mom.me, diberitakan bahwa bayi yang baru saja dilharikannya mengalami infeksi virus herpes.

Hal itu dia sadari karena kebiasaan bayi yang dirasa aneh. Setiap menyusu di malam hari, bayi mungilnya itu bertingkah seperti layaknya orang sedang kesakitan.

Melihat reaksi itu, tentu saja membuat Lucy Kendall dan suaminya, Jaz Miller menjadi khawatir. Sebab, seorang bayi yang seharusnya tidak banyak bergerak, kenapa menjadi bertingkah aneh seperti ini.

Baca juga : Ladies, Inilah yang Akan Kamu Alami dalam 48 Jam Setelah Melahirkan

Awas, Mencium Bayi yang Baru Lahir Bisa Sebabkan Hal Berbahaya ini
mom.me

Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk membawa anaknya ke rumah sakit guna pemeriksaan lebih lanjut. Setelah proses pemeriksaan yang berlangsung selama 8 hari, alhasil dokter mendapati bahwa bayi mungil itu mengalami gejala herpes.

Boleh jadi, herpes adalah penyakit biasa bagi orang dewasa karena kekebalan tubuh sudah terbentuk sempurna. Tapi, apa jadinya ketika herpes menyerang bayi yang belum terbentuk imunnya? Hal ini tentu saja bisa mengancam nyawa bayi itu sendiri.

Dari hasil penelitian lebih lanjut, akhirnya dokter mengatakan dan mengimbau agar tidak mencium bayi yang baru saja dilahirkan. Sebab, hal itu bisa menularkan berbagai macam penyakit, salah satunya herpes.

Awas, Mencium Bayi yang Baru Lahir Bisa Sebabkan Hal Berbahaya ini
kompasiana.com

Usahakan untuk memberikan ruang yang benar-benar steril bagi bayi, mengingat kondisi tubuhnya yang masih sangat lemah. Jangan biarkan sembarang orang untuk menciumi karena kamu tidak pernah tahu, apakah orang tersebut memiliki riwayat penyakit atau tidak.

Bagi yang benar-benar ingin mencium bayinya, sang dokter masih mengizinkan, asal kebersihannya benar-benar dipastikan. Jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulub dan menggunakan masker agar tidak menularkan penyakit kepada bayi.

0 Komentar