Awas, Munculnya Dark Spot Pertanda Proses Penuaan Dini

05 July 2018, at 11:00
1
0
Awas, Munculnya Dark Spot Pertanda Proses Penuaan Dini

Dark spot sebenarnya mengacu pada suatu kondisi di mana terjadi akumulasi pigmen pada satu area kulit. Kondisi ini umumnya ditemukan pada wanita yang berusia di atas 20 tahun, yang bisa juga dijadikan penanda bahwa mulai terjadinya proses penuaan pada kulit.

Banyak orang yang seringkali menduga dark spot terjadi akibat paparan sinar matahari. Padahal, berbagai faktor lain dapat menyebabkan munculnya bercak hitam tersebut, seperti kehamilan, tanda lahir, penyakit kulit, bahkan faktor genetik. Selain itu pada wanita yang dalam rentang usia 20-50 tahun, kondisi ini dapat terjadi karena faktor hormonal, stres, kehamilan, kontrasepsi, dan juga efek dari menopause yang dapat memicu timbulnya akumulasi pigmen tersebut. Inilah yang kemudian membedakan antara dark spot dan sun spot atau yang sering disebut dengan freckles.

 

doctoroncall.com.my

 

Dark spot juga dapat dikenali melalui tanda-tanda seperti adanya bercak atau bintik hitam yang berwarna gelap yang timbul terutama di area sekitar dahi dan pipi. Biasanya, dark spot  lebih terlihat pada perempuan berkulit cerah, meskipun pada wanita berkulit berwarna lebih tinggi risiko kemunculannya. Hal ini juga bisa terjadi karena trauma peradangan, gesekan atau goresan yang semuanya dapat menyebabkan terjadinya warna pada kulit atau yang disebut dengan hiperpigmentasi.

Selain itu dark spot juga dapat pula disebabkan oleh perlakuan yang salah saat memencet jerawat dan menghasilkan bintik hitam, yang terjadi setelah jerawat menghilang. Solusinya, oleskan salep khusus atau obat berbentuk krim setelah peradangan untuk membersihkan kulit serta untuk mengobati area yang terinfeksi.

Secara khusus dark spot dapat diobati dengan perawatan laser untuk memecah pigmentasi pada melanin, tetapi harus dilakukan secara profesional dan hati-hati sebab jika tidak dilakukan dengan benar akan memperburuk kondisinya dan menyebabkan terjadinya hipopigmentasi.

Di samping itu, dark spot juga dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen secara rutin setiap hari dan juga diatasi dengan melakukan chemical peeling ataupun pengelupasan secara rutin yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan.

0 Comment