Awas! Sering Berbohong pada Anak Ternyata Berdampak Negatif pada Perkembangannya

11 October 2019, at 17:00
0
0
Awas! Sering Berbohong pada Anak Ternyata Berdampak Negatif pada Perkembangannya

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Setiap keputusan yang diambil akan memiliki dampak nggak hanya bagi diri sendiri, namun juga buah hati.

Sama halnya ketika orang tua berbohong kepada anak yang masih kecil, mungkin hal tersebut dilakukan dengan maksud baik namun nyatanya tetap saja hal tersebut berdampak negatif pada buah hati.

Menurut sebuah penelitian psikologi yang dilakukan oleh Anyang Technological University, berbohong pada anak memiliki efek berbahaya jangka panjang, bahkan setelah buah hati tumbuh dewasa.

orang tua berbohong
brothersofthebook.com

Studi yang dipublikasikan pada Journal of Experimental Child Psychology tersebut melibatkan 379 orang dewasa dan gaya pengasuhannya. Hasilnya, mereka yang dibohongi oleh orangtuanya saat kecil juga banyak melakukan kebohongan saat sudah dewasa.

Terlebih lagi, anak-anak yang sering dibohongi saat kecil mengaku menghadapi tantangan sosial yang lebih besar, seperti lebih agresif, perilaku impulsif, dan pelanggaran aturan.

Meksipun mungkin saat ini dampak negatifnya belum terasa, akan tetapi kebohongan yang dilakukan secara berulang-ulang secara spesifik berpengaruh pada perkembangan anak seperti di bawah ini.

anak berbohong
workingmother.com
  • Anak Akan Meniru

Pada masa perkembangan, si kecil akan sangat mudah meniru apapun yang dilihatnya dari orang dan lingkungan sekitar. Maka dari itu, saat sering berbohong kepada anak secara nggak langsung orang tua telah membentuk pembohong yang lainnya.

Baca Juga: Jangan Dimarahi, Inilah Cara Tepat Mengatasi Anak yang Suka Bohong

  • Akan Mudah Stres

Anak yang sering dibohongi juga biasanya menjadi lebih rentan stres. Hal tersebut terjadi karena orang tua seringkali berbohong untuk membuat hidup si kecil terasa lebih mudah, sehingga ia nggak mudah beradaptasi dengan tekanan saat sudah dewasa.

ayah dan anak perempuan
thespruce.com
  • Anak Akan Memiliki Persepsi yang Salah

Berbohong kepada anak tentang sesuatu juga akan membuat si kecil memiliki persepsi atau pemahaman yang salah tentang hal tersebut.

  • Anak Akan Merasa Berbohong Bukanlah Kesalahan

Apabila sering dibohongi, anak akan merasa bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah dan dilarang. Sebaliknya, si kecil akan belajar bahwa berbohong memiliki konsekuensi yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan berkata jujur.

anak dan ibu
todaysparent.com

Nggak mau kan si kecil tumbuh menjadi seorang pembohong? Maka dari itu, sebaiknya orang tua menanamkan dan memberikan contoh sikap jujur kepada buah hati sejak dini.

Sobat Qupas bisa berusaha untuk menghindari kebohongan dan mencari metode tepat untuk menjelaskan kepada anak sesuatu yang cukup rumit.

0 Comment