Awas, Sering Tertawa Berlebihan Ternyata Bisa Sebabkan Kematian!

15 September 2019, at 10:00
0
0
Awas, Sering Tertawa Berlebihan Ternyata Bisa Sebabkan Kematian!

Selama masa hidup, siapa sih orang yang nggak pernah tertawa? Ekspresi kebahagiaan tersebut tentu saja pernah kamu lakukan.

Selain menyenangkan, beberapa penelitian juga sudah membuktikan efek tertawa bagi kesehatan yang dapat meringankan sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan lain sebagainya.

Nggak hanya itu, tertawa juga bisa membantu sedikit menurunkan berat badan karena bisa membakar hingga 40 kalori lho!

tertawa keras
youworkforthem.com

Akan tetapi, tertawa terlalu keras justru akan berbahaya bagi kesehatan dan bahkan menyebabkan kematian. Benar nggak ya?

Meskipun terdengar aneh dan nggak masuk akan, namun kondisi tersebut memang benar-benar terjadi lho.

Tertawa terlalu keras atau terbahak-bahak biasanya disebabkan oleh sesuatu yang teramat membahagiakan atau lucu. Reaksi tubuh atas hal tersebut lah yang kemudian bisa membunuhmu.

jantung
steemit.com/

Dilansir dari Times of India, dalam data terdapat 10 kasus orang meninggal karena tertawa. Beberapa kasus bersifat historis yang belum dikonfirmasi kebenarannya, sedangkan beberapa lainnya terjadi pada masa modern dan memang terdokumentasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Bikin Kurus Loh!

Sebenarnya, terdapat beberapa alasan medis mengapa seseorang bisa meninggal karena tertawa. Beberapa penyebabnya adalah serangan jantung, stroke, kejang gelstis, hernia yang tersendat, dan paru-paru yang hancur.

Pada dasarnya, saat mengalami emosi yang ekstrem (baik negatif maupun positif) otak akan melepaskan hormon adrenalin yang apabila terlalu banyak justru bisa meracuni jantung dan organ lainnya.

bahaya tertawa
beyondpinkworld.com

Tertawa terlalu keras juga bisa menyebabkan pingsan yang terjadi karena pernapasan menjadi nggak normal sehingga menyebabkan peningkatan karbondioksida.

Maka dari itu Sobat Qupas, tetap kontrol diri saat tertawa ya! Nggak mau kan momen bahagia berubah menegangkan karena terjadi hal-hal yang nggak diinginkan?

Meskipun memang nggak banyak yang mengalaminya, akan tetapi apa salahnya berjaga-jaga?

0 Comment