Awas, Tanpa Kamu Sadari Konsumsi Junk Food Turut Memperburuk Kondisi Rambutmu

05 July 2018, at 01:00
1
0
Awas, Tanpa Kamu Sadari Konsumsi Junk Food Turut Memperburuk Kondisi Rambutmu

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu jika terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji atau yang sering disebut dengan junkfood dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh seperti risiko terserang penyakit jantung, kolestrol tinggi, hipertensi alias darah tinggi, penumpukan lemak, hingga obesitas atau berat badan berlebih. Hal itu disebabkan karena makanan siap saji biasanya mengandung lemak tinggi yang akan mengganggu fungsi kesehatan.

 

pexels.com

 

Namun, tahukah kamu jika kebiasaan ini ternyata juga memiliki dampak bagi keindahan dan kesehatan rambut? Faktanya, orang-orang yang gemar mengonsumsi junkfood akan mudah mengalami berbagai masalah rambut, seperti :

 

Rambut rontok

Setiap nutrisi yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi bukan saja akan bermanfaat untuk organ tubuh saja, tetapi juga untuk menutrisi dan menjaga pertumbuhan dan kesuburan rambut. Terlalu banyak mengonsumsi junkfood tanpa diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan akan membuat proses pertumbuhan rambut menjadi terhambat sehingga rambut mudah menjadi rontok karena vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh tidak dapat tercukupi dengan baik.

 

Rambut kusam dan lepek

Makanan siap saji yang identik dengan makanan berlemak akan membuat tubuh menumpuk banyak lemak yang akan berpengaruh juga terhadap kesehatan rambut. Tingginya lemak dalam tubuh akan menjadikan rambut tampak kusam, berminyak, dan tampak selalu lepek. Memiliki rambut lepek tentu bukan hal yang menggembirakan, sebab kondisi ini akan membuat rambut susah diatur sekaligus mudah mengeluarkan bau apek.

 

Ketombe

Kadar minyak yang tinggi pada junkfood selain menyebabkan rambut kusam dan lepek juga menimbulkan munculnya ketombe. Selain mengganggu penampilan dengan serpihan-serpihan berwarna putihnya, ketombe juga seringkali membuat aktivitas penderitanya terhambat karena timbulnya rasa gatal yang tentu saja akan mengurangi kenyamanan.

 

Sebagai mahkota, sudah seharusnya rambut dirawat dan diperlakukan dengan baik demi mempertahankan keindahan dan kesehatannya. Karena itu, sangatlah penting mengatur pola makan demi menjaga pertumbuhan dan kesuburan rambut. Sebab, berapapun banyak produk perawatan yang diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala tidak akan berpengaruh positif jika tidak diimbangi dengan nutrisi yang tepat. So, mulai sekarang pilah dan pilih makanan sehat yang akan kamu konsumsi ya.

0 Comment