Backpacker ke Korea Selatan? Ini 9 Tipsnya Biar Liburanmu Hemat

13 November 2018, pada 04:00
1
0
Backpacker ke Korea Selatan? Ini 9 Tipsnya Biar Liburanmu Hemat

Ada yang punya rencana untuk liburan ala backpacker ke Korea Selatan? Sudah sampai mana nih persiapanmu?

Kalau kamu masih bingung akan memulainya darimana, nggak perlu khawatir lagi. Sebab Qupas akan membantumu untuk mengatasinya.

Mulai dari persiapan awal sampai saat kamu sudah menginjakkan kaki di Negeri Ginseng, semua bisa teratasi dengan tips berikut ini.

Apa saja sih hal yang perlu kamu persiapkan supaya liburan ala backpacker bisa berhasil? Yuk intip tips-tips berikut ini!

1. Cari tiket pesawat murah jauh-jauh hari

ilustrasi tiket murah ke korea selatan
travelcaffeine.com

Pertama kali yang perlu kamu siapkan untuk bisa liburan ala backpacker adalah berburu tiket pesawat jauh-jauh hari. Bagaimana caranya?

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni:

  • Cek promo yang tersedia di situs maskapai penerbangan atau pemesanan tiket pesawat online
  • Datang ke pameran wisata yang diadakan oleh maskapai penerbangan (travel fair). Biasanya di sini menawarkan promo menarik seperti diskon yang cukup besar.

Perlu kamu ketahui, biasanya tiket pesawat dengan harga terjangkau dijual pada 6 sampai 12 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Yuk segera berburu tiket murah!

2. Pilih penginapan murah

penginapan murah di korea selatan
hotels.com

Nggak perlu khawatir saat kamu berniat backpacker-an ke Korea Selatan. Sebab di Negeri Ginseng ini banyak penginapan murah.

Pilihannya mulai dari hostel, guest house hingga hotel. Tarif per malamnya pun bervariasi, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Salah satunya contoh penginapan murah yang bisa jadi pilihan adalah Hi Busan Guesthouse. Untuk menginap di sini, kamu hanya perlu menyediakan budget mulai 130 ribuan rupiah.

Dengan biaya tersebut, kamu akan mendapatkan fasiltias kamar jenis Dormitory (seperti asrama) campuran.

ilustrasi bertamu di rumah korea selatan
finalstraw.org

Ingin lebih murah lagi? Kamu bisa menumpang di rumah penduduk Korea dengan mendaftarkan diri ke situs bernama Couchsurfing.

Melalui situs tersebut, kamu bisa menemukan orang-orang di seluruh dunia yang membuka rumahnya secara gratis untuk wisatawan. Biasanya sih mereka juga terdaftar di Couchsurfing.

Kalau menggunakan cara ini, tentu kamu nggak hanya bisa menginap secara gratis. Interaksi dengan warga Korea Selatan pun dapat kamu lakukan. Pasti seru deh!

3. Kunjungi tempat wisata gratis di Korea

wisata gratis korea selatan
flickr.com/manchulkim

Ingin lebih menekan pengeluaran saat liburan ke Korea Selatan? Salah satu caranya adalah berkunjung ke tempat wisata gratis dan mudah dijangkau.

Salah satunya adalah di Gwanghwamun Square. Di sini kamu bisa hunting foto dengan latar King Sejoong the Great, sang penemu huruf Hangul maupun Admiral Yi Shun-Shin.

Tenang saja, kamu akan mudah menemukan tempat wisata gratis ini. Kamu bisa menggunakan subway dan turun di Stasiun City Hall (keluar pintu Exit 3) atau Stasiun Gyeongbokgung (keluar pintu Exit 6 dan 7).

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung?

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis

4. Cari tempat makan murah

ilustrasi makanan murah di korea selatan
youtube.com/Luke Martin

Saat memilih liburan ala backpacker ke Korea Selatan, sebaiknya pilih tempat makan yang murah saja. Contohnya seperti di food street alias jajanan kaki lima.

Kamu pun bisa menemui para pedagang kaki lima ini dengan mudah, terutama di tempat perbelanjaan seperi Myongdong. Harganya mulai seribu won (tiga belas ribu rupiah) saja, lho.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Kimbap Cheonguk yang harga mulai dari 50 ribuan rupiah. Dengan biaya ini, kamu sudah bisa menikmati makanan khas Korea Selatan kok.

5. Pilih transportasi publik yang murah

ilustrasi transportasi murah di korea selatan
wikipedia.org

Beberapa transportasi publik yang bisa kamu gunakan saat di Korea Selatan adalah subway maupun bus.

Kamu pun bisa menggunakan kartu transportasi bernama T-Money yang bisa dibeli di toko serba ada. Contohnya seperti di 7-Eleven yang ada di lantai 1 Bandara Incheon, Seoul.

Dengan menggunakan kartu ini, kamu juga bisa mendapat diskon 5 persen saat bepergian dengan bus khusus turis asing. Menarik kan?

Tapi sebaiknya jangan terlalu mengandalkan transportasi umum kalau jarak tempat yang kamu tuju sangat dekat. Lebih baik jalan kaki saja supaya liburanmu lebih seru. Setuju?

6. Beli oleh-oleh di tempat belanja murah

ewha womens university
travelog.me

Siapa sih yang nggak ingin membeli oleh-oleh begitu sampai di Korea Selatan? Tenang saja, di negara ini banyak tempat belanja yang menawarkan beragam diskon kok.

Kamu bisa pergi ke Myeongdong dan Dongdaemun. Selain itu, ada juga shopping street di Ewha Women University yang merupakan surga belanja bagi wanita.

Saat berada di Ewha Women University, kamu bisa menemukan berbagai macam baju, tas, sepatu dan barang fashion lainnya dengan harga miring.

Wah, wajib kamu kunjungi nih! Terutama untuk para wanita yang hobi belanja.

7. Bawa bekal dari rumah

ilustrasi mi instan
nationalpost.com

Saat backpacker-an ke Korea Selatan, nggak ada salahnya untuk membawa bekal dari rumah. Tentu saja hal ini bisa menekan pengeluaranmu selama di Negeri Ginseng.

Kamu bisa membawa beberapa bungkus mi instan. Selain itu bawa juga sejumlah biskuit supaya kamu nggak terlalu sering membeli camilan di Korea Selatan.

Dengan membawa bekal, kamu juga bisa memakan makanan halal tanpa repot mencarinya di Korea Selatan.

Memang sih, di Korea Selatan ada juga restoran halal. Tapi jumlahnya nggak terlalu banyak, sehingga membawa bekal adalah alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan.

8. Pakai internet gratisan

ilustrasi internet gratis di korea selatan
digitaltrends.com

Zaman sekarang pasti siapapun membutuhkan internet, termasuk untuk tetap terhubung ke media sosial.

Bagi para backpacker yang berlibur ke Korea Selatan nggak perlu khawatir soal jaringan internet. Sebab di negara ini terdapat fasilitas wifi gratis di 10.000 titik.

Menariknya lagi, kamu nggak perlu login atau daftar untuk bisa menggunakan wifi publik ini. Bahkan kecepatan koneksinya super cepat, lho.

9. Kamu punya kenalan di Korea Selatan? Bisa mampir nih!

ilustrasi makan malam bersama orang korea selatan
shardsofblue.com

Ketika memutuskan untuk backpacker, coba deh ingat-ingat lagi apa ada kenalan di Korea Selatan, baik warga asli atau pendatang dari Indonesia? Sebab kamu bisa memanfaatkan momen ini.

Kamu bisa menghubungi mereka untuk bertanya seputar Korea Selatan. Bahkan memungkinkan juga untuk kamu bisa mendapatkan tempat tinggal sementara secara gratis.

Seru kan? Apalagi selain bisa hemat, kamu juga nggak akan merasa sendirian saat berada di negara asing ini.

Nah, itulah beberapa tips backpacker ke Korea Selatan versi Qupas yang bisa kamu terapkan. Kalau perlu catat juga supaya nggak lupa.

Semoga liburan ala backpacker-mu kali ini sukses ya! Selamat bertualang ke Korea Selatan!

0 Komentar