Qupas Healthy

Badan Lebam Setelah Meninggal Seperti Kasus Lina? Ini Kemungkinan Penyebabnya

09 January 2020, at 08:00
Badan Lebam Setelah Meninggal Seperti Kasus Lina? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kamatian mendadak Lina, mantan istri Sule, sempat mengejutkan banyak pihak beberapa waktu yang lalu. Pasalnya,ibu kandung dari penyanyi Rizky Febian tersebut dikenal memiliki tubuh yang sehat dan jarang sakit oleh pihak keluarga.

Hal tersebut pun menyisakan kecurigaan bagi beberapa orang, termasuk Rizky Febian. Mengaku melihat tubuh ibunya lebam-lebam, penyanyi tersebut lantas membuat laporan kepada polisi untuk menyelidiki kematian Lina lebih lanjut.

Lantas, wajarkah apabila tubuh orang yang sudah meninggal mengalami lebam? Apa saja kemungkinan penyebabnya?

lina dan putri delina
instagram.com/putridelinaa

Dilansir dari laman detik.health.com, terdapat banyak perubahan yang terjadi pada tubuh saat seseorang meninggal. Salah satunya adalah livor mortis.

Baca juga: Kenapa Badan Perempuan Mudah Memar? Ternyata 8 Hal Ini Penyebabnya

Livor mortis sendiri mengacu pada perubahan warna kulit menjadi biru keunguan seperti lebam yang disebut lividity pada bawah kulit akibat gravitasi setelah kematian.

mayat
siliguritimes.com

Meskipun livor mortis menunjukkan sebuah kewajaran saat terdapat perubahan pada warna kulit setelah kematian, namun nggak menutup kemungkinan bahwa lebam tersebut bisa disebabkan oleh hal lain.

Seperti yang tertulis pada sebuah situs studi medis di Amerika Serikat, amboss.com, warna lebam pada tubuh mayat dapat memperkirakan beberapa hal mengenai penyebab kematiannya.

Akan tetapi, intensitas warna yang timbul tetap perlu diketahui karena hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah hemoglobin dalam tubuh.

lebam setelah meninggal
nypost.com

Berikut ini beberapa warna lebam atau lividity yang bisa muncul pada tubuh mayat.

  • Lebam keunguan menandakan lividity normal
  • Lebam coklat tua menandakan keracunan fosfor
  • Lebam merah kecoklatan menandakan keracunan zat pembentuk methemoglobin
  • Lebam merah ceri menandakan keracunan karbon monoksida
  • Lebam merah muda pucat menandakan kehilangan darah, anemia, atau pendarahan hebat
  • Lebam merah terang menandakan keracunan sianida

Akan tetapi, perubahan warna juga bisa bervariasi tergantung pada kondisi kematian dan lingkungan seperti suhu dan lain sebagainya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa jenis lebam pada tubuh setelah kematian dan kemungkinan penyebabnnya yang perlu kamu ketahui.