Bahan Aktif Skincare yang Pantang Digunakan Bersamaan, Efeknya Lumayan Ngeri

05 March 2019, at 02:30
0
0
Bahan Aktif Skincare yang Pantang Digunakan Bersamaan, Efeknya Lumayan Ngeri

Produk perawatan wajah ada banyak sekali jenisnya. Maka dari itu, harus diplikasikan dengan urutan yang benar supaya memberi hasil yang nyata.

Eits, tapi tunggu dulu, kamu juga harus memperhatikan kandungan dalam produk perawatanmu dengan seksama. Sebab, ada beberapa bahan aktif skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan.

Bila kamu menggunakan skincare secara berlapis dan mengabaikan kandungannya, wajahmu justru bisa menjadi taruhannya.

Nah, untuk itu Qupas telah merangkum bahan skincare yang sebaiknya tidak dipakai bersamaan. Seperti berikut ini!

1. Retinol dan Salicylic Acid

skincare dengan kandungan retinol
getthegloss.com

Retinol adalah bahan yang efektif untuk mencegah penuaan juga jerawat. Meski begitu cara kerjanya hampir sama dengan produk eksfoliator, yaitu membantu merangsang pergantian sel kulit.

Sedangkan salicylic acid biasanya juga ditemukan dalam skincare jerawat dengan fungsi meregenerasi kulit. Nah, bila kedua bahan aktif ini digunakan bersamaan takutnya akan mengalami eksfoliasi berlebihan dan wajah jadi iritasi.

2. Retinol dan Benzoyl Peroxide

skincare dengan kandungan benzoyl peroxide
nyctalon.com

Benzoyl Peroxide pun dikenal sebagai bahan aktif yang sangat ampuh untuk mengusir jerawat. Namun sayang, skincare dengan kandungan ini tidak boleh dicampur dengan retinol.

Sebab, dua bahan ini sama-sama kerasnya dan bila dihantamkan ke wajah secara bersamaan akan membuat kulit jadi sangat kering, bahkan rentan timbul kerutan.

3. Retinol dan AHA/BHA

skincare dengan kandungan AHA/BHA
instagram.com/somebymi

Bahan aktif skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan retinol lainnya adalah AHA/BHA. Alasannya pun tak jauh berbeda.

AHA/BHA dikenal sebagai eksfoliator yang biasanya juga ditemukan dalam skincare khusus jerawat. Namun bila dipakai bersamaan, kulit bisa terkelupas secara berlebihan dan menyebabkan iritasi.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan bahan tersebut di waktu yang berbeda. Misalkan, retinol di siang hari dan AHA/BHA di malamnya saja.

4. AHA/BHA dan Vitamin C

serum vitamin c terbaik
instagram.com/votre_peau

Selain bertugas untuk mengeksfoliasi kulit, AHA/BHA ternyata mampu mengubah pH dalam vitamin C. Akibatnya, fungsi antioksidan di dalamnya bisa hilang.

Maka dari itu, bahan skincare ini tidak boleh dicampur penggunaannya, karena khasiatnya bisa hilang dengan percuma. Pada beberapa kasus, wajah juga bisa iritasi dan rawan berjerawat.

Baca juga: Ampuh Cerahkan Wajah, 8 Serum Vitamin C dari Brand Lokal Ini Harus Dicoba!

5. BHA dan Benzoyl Peroxide

skincare dengan kandungan bHA
shopify.com

Bahan yang tidak boleh dipakai bersamaan selanjutnya adalah BHA dan Benzoyl Peroxide. Keduanya tergolong sebagai kandungan yang cukup keras dengan fungsi yang sama.

Bila diaplikasikan secara bertumpuk di wajah, kulit bisa iritasi karena over-exfoliated. Terlebih lagi, hal ini juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

6. Retin-A dan Facial Scrub

skincare dengan kandungan retin-A
medicineandmanicures.com

Retin-A adalah bahan aktif yang biasanya ditemukan pada skincare anti aging. Kandungan ini banyak diandalkan untuk mengatasi garis halus, kerutan, hingga noda hitam karena bisa meregenerasi sel kulit dengan cepat.

Meski manfaatnya sangat baik, namun hindari penggunaannya dengan facial scrub. Sebab, apabila kamu memakai pembersih wajah tipe ini kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan skincare berbahan Retin-A, dikhawatirkan akan terjadi iritasi.

Supaya tak mengalami pengelupasan kulit yang berlebihan, baiknya gunakan pembersih wajah tanpa scrub.

7. Citric Acid dan Bahan Aktif Lainnya

skincare dengan bahan citric acid
mozu.com

Citric acid adalah bahan yang mampu menghidrasi kulit secara ekstra. Maka tak heran bila kandungan ini sering terlihat pada skincare khusus kulit kering.

Namun kamu juga harus hati-hati dan tak sembarangan memakainya bersamaan dengan bahan aktif lainnya, karena bisa terjadi iritasi yang cukup parah.

8. Face Oil dan Hyaluronic Acid

face oil terbaik
shopify.com

Meski face oil umumnya terbuat dari bahan alami dengan konsentrasi tinggi, namun kamu tetap hati-hati bila memakainya secara bersamaan dengan skicare lain. Seperti contohnya Hyaluronic Acid.

Sebagai tips, kamu bisa memakainya sesuai dengan urutan perawatan wajah yang benar. Mulai dari toner dengan kandungan paling ringan, kemudian serum, pelembab, baru face oil yang tergolong sebagai bahan yang sedikit berat.

Nah itulah deretan bahan aktif skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan kandungan lainnya. Jadi tetap perhatikan komposisi dari rangkaian produk perawatanmu sehari-hari ya, untuk menghindari berbagai risiko yang bisa merusak wajah.

0 Comment