Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Nyamannya Tidur Tengkurap

05 April 2019, at 07:00
0
0
Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Nyamannya Tidur Tengkurap

Siapa yang nggak suka tidur? Kegiatan satu ini memang menyenangkan dan sekaligus baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kualitas tidur seseorang, yaitu kasur dan bantal yang sesuai, udara yang pas, dan posisi yang nyaman.

Tidur tengkurap merupakan salah satu posisi yang dianggap paling nyaman dan membuat seseorang tidur dengan nyenyak menurut banyak orang.

Baca Juga: Alasan Sebaiknya Tidur Menghadap Kiri, Manfaatnya Mengejutkan!

Kamu juga berpikir demikian? Mulai sekarang hindari tidur tengkurap karena bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan berikut ini.

1. Merusak Pusat Saraf

merusak pusat saraf
menshealth.pt

Meskipun terlihat sepele, tidur tengkurap ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada pusat saraf. Hal ini terjadi karena posisi tersebut akan mengganggu aliran darah yang berisi oksigen ke pusat saraf otak.

Penyumbatan dan tersendatnya aliran darah tersebut mengakibatkan kerusakan pusat saraf bagian kepala yang dapat membuat seseorang berpikir secara lambat.

2. Ritme Jantung Terganggu

ritme jantung terganggu
topsimages.com

Nggak langsung sih, tapi kebiasaan tidur tengkurap yang sudah dilakukan bertahun-tahun bisa membuat ritme jantung terganggu lho.

Hal ini karena jantung akan kesulitan dan harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh ketika kamu tidur dengan posisi tengkurap.

3. Sistem Pernapasan Terhambat

sistem pernapasan terhambat
1health.id

Tidur tengkurap berbahaya bagi penderita asma. Pasalnya, kebiasaan tersebut akan menyebabkan sistem pernapasan terhambat.

Posisi tersebut menyebabkan lubang hidung tidak terbuka secara maksimal karena terjadi penyumbatan oleh bantal. Saluran pernapasan mendapatakan tekanan dan himpitan dari tubuh sehingga pernapasan jadi terhambat dan dada terasa lebih berat.

4. Urat Terjepit

urat terjepit
hellosehat.com

Seluruh tubuh dipenuhi dengan urat yang berhubungan dengan perdaran darah. Jika kamu tidur dalam keadaan tengkurap selama berjam-jam, maka hal tersebut dapat menyebabkan urat-urat dalam tubuh terkilir.

Hasilnya, badan akan terasa tidak nyaman dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Begini Manfaat Menakjubkan Tidur Tanpa Busana

5. Muncul Penuaan Dini

muncul penuaan dini
avoskinbeauty.com

Nggak cuma itu saja, kamu juga bisa mengalami penuaan dini kalau terus-menerus tidur dengan posisi tengkurap.

Hal ini karena aliran darah di wajah yang nggak lancar. Selain itu, bagian muka yang terhimpit bantal cenderung mengikuti gravitasi bumi dan kemiringan wajah yang nggak simetris lama-kelamaan akan menghasilkan kerutan.

6. Sakit Kepala

sakit kepala
hellosehat.com

Jika kamu sering mengalami sakit kepala, coba ingat-ingat lagi apakah kamu suka tidur dengan posisi tengkurap? Jika iya, hal tersebut adalah penyebabnya.

Kepala yang miring dan terbenam di bantal membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan hal tersebutlah penyebabnya.

7. Nyeri Tulang Belakang

nyeri tulang belakang
1health.id

Tidur tengkurap dapat mengubah kurva alami tulang belakang dan hal tersebut menyebabkannya terasa tegang dan kaki.

Nggak cuma itu, tidur dengan posisi tersebut akan membuat beban tubuh terpusat pada tulang belakang sehingga tekanan tidak seimbang menyebabkan nyeri yang berlebihan di berbagai bagian.

8. Berbahaya bagi Ibu Hamil

berbahaya bagi ibu hamil
gettyimages.com

Terlepas dari usia kandungan, tidur tengkurap bisa berbahaya bagi ibu hamil. Nggak cuma risiko-risiko masalah kesehatan di atas, tapi juga untuk janin.

Posisi tersebut akan membuat janin tergencet dan menyebabkan masalah-masalah kesehatan lainnya.

Itu dia Sobat Qupas bahaya tidur tengkurap yang harus kamu ketahui dan waspadai. Sebaiknya hindari posisi tersebut karena meskipun nyaman dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

0 Comment