Bahaya Menelan Semut Tanpa Sengaja, Bisa Pikun 40 Hari Lamanya!

30 November 2019, at 12:10
0
0
Bahaya Menelan Semut Tanpa Sengaja, Bisa Pikun 40 Hari Lamanya!

Semut merupakan serangga kecil yang seringkali ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hewan ini juga mungkin bersembunyi di dalam makanan yang kamu konsumsi lho.

Maka dari itu, hampir seluruh orang di dunia kemungkinan besar pernah satu kali nggak sengaja menelan semut. Meskipun sepele, ternyata ada bahaya di baliknya seperti berikut ini.

1. Memiliki Racun

semut
wired.com

Meskipun nggak semuanya, beberapa jenis semut api tropis memiliki racun dalam tubuhnya. Racun ini bisa mematikan nggak hanya bagi orang yang tersengat lho.

Sengaja maupun nggak, menelan semut jenis ini dapat menyebabkan alergi parah hingga membutuhkan perawatan medis darurat.

2. Menyebabkan Penyakit

nggak sengaja makan semut
medicalnewstoday.com

Walau memiliki tubuh yang kecil, menelan semut ternyata bukan sesuatu yang bisa kamu sepelekan. Pasalnya, hewan mungil tersebut mungkin saja mengonsumsi berbagai kuman dan bakteri.

Bayangkan apabila kuman dan bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia. Ada kemungkinan hal tersebut akan menyebabkan kontaminasi dan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Cegah Pikun dengan 6 Makanan Ajaib yang Sering Kamu Temui Sehari-hari Ini

3. Bikin Jadi Pikun

semut bikin pikun
journalmetro.com

Pernah nggak sih kamu mendengar ungkapan bahwa menelan semut bisa bikin kamu jadi pelupa? Ternyata pernyataan tersebut nggak sekadar mitos dan merupakan fakta lho.

Pasalnya, semut memiliki enzim pelupa yang bisa berdampak bagi tubuh serta memengaruhi otak. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa menelan satu semut bisa membuatmu pikun selama 40 hari.

4. Bisa Menyengat

bahaya menelan semut
sehatq.com

Meskipun sudah tertelan, ternyata semut yang masuk dalam kondisi hidup ke dalam tubuh nggak akan mudah untuk mati. Selama proses tersebut, serangga mungil ini kemungkinan besar akan melakukan perlawanan untuk menyelamatkan diri.

Maka, nggak menutup kemungkinan semut akan menyengatmu dan menimbulkan luka atau bahkan infeksi.

Wah, ternyata nggak sengaja menelan semut bukan sesuatu yang bisa disepelekan ya Sobat Qupas!

0 Comment