Bahaya Obat Pelangsing Badan yang Siap Mengancammu

25 January 2019, at 16:00
0
0
Bahaya Obat Pelangsing Badan yang Siap Mengancammu

Obat pelangsing badan merupakan pilihan yang dianggap paling tepat untuk orang-orang yang memiliki berat tubuh berlebih dan ingin segera menurunkannya. Penggunaannya pun memang dapat mengubah bentuk badan secara instan.

Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan banyak orang sehingga semakin hari konsumen obat ini semakin meningkat. Namun, di balik iming-iming menjanjikan tersebut, ternyata obat pelangsing berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja? Ini dia 8 bahaya obat pelangsing badan.

1. Sakit Kepala

bahaya obat pelangsing sakit kepala
shutterstock.com

Terdapat banyak jenis produk pelangsing berbahaya, mulai dari yang berbentuk pil hingga jenis teh pelangsing. Secara umum, semua mengandung sibutramin di dalamnya. Obat ini dapat membuat orang yang mengonsumsinya menderita sakit kepala parah.

Hal ini dipengaruhi pula oleh efek samping zat tersebut yang menghambat proses produksi serotonin dan norepinefrin sehingga menimbulkan rasa sakit.

Menggunakan obat diet yang berbahaya berarti menekan nafsu makan sehingga badan mengalami lonjakan kebutuhan energi. Namun di sisi lain, tidak ada sumber energi yang bisa diserap oleh tubuh.

2. Mual dan Muntah

bahaya obat pelangsing mual dan muntah
shutterstock.com

Selain bisa menimbulkan sakit kepala, mengonsumsi obat pelangsing juga dapat memberikan efek mual dan muntah.

Sebenarnya, efek ini merupakan salah satu efek yang wajar terjadi pada penggunaan obat tersebut. Mengingat fungsinya adalah untuk membuat tubuh menjadi kurus dalam waktu yang instan.

Namun, hal ini bisa berbahaya bagi tubuh. Memuntahkan isi perut tepat sesudah makan akan membuat seseorang kekurangan asupan nutrisi.

3. Diare

dampak negatif obat pelangsing diare
cdc.gov

Sama seperti muntah dan mual, diare merupakan salah satu bahaya obat pelangsing yang wajar terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh usus dan lambung yang menolak semua sari makanan untuk tubuh.

Akibatnya, tubuh akan selalu merasa ingin buang air besar. Hal ini bukan hal yang baik karena dapat menyebabkan dehidrasi, penyakit pencernaa, dan kekurangan gizi.

4. Metabolisme Tidak Terkontrol

dampak negatif obat pelangsing metabolisme tidak terkontrol
steptohealth.com

Tubuh mengonsumsi makanan untuk diolah menjadi kalori atau energi dalam proses metabolisme.  Konsumsi obat pelangsing yang berbahaya akan membuat proses metabolisme tersebut terganggu dan menjadi tidak terkontrol.

Terdapat organ-organ tubuh yang menolak adanya obat tersebut, maka hal ini berpengaruh juga terhadap proses metabolisme yang akan merusak tubuh.

Baca Juga: Ternyata Ini Trik Mudah untuk Menghentikan Hobi Ngemil Supaya Tak Merusak Diet

5. Ketergantungan

obat pelangsing membuat ketergantungan
hellosehat.com

Mengonsumsi obat diet berbahaya telah terbukti dapat mengakibatkan ketergantungan. Hal ini karena dengan minum obat tersebut, berat badan akan mudah sekali turun.

Sedangkan ketika berhenti, bobot akan terus naik bahkan lebih banyak daripada sebelumnya. Ini lah yang membuat banyak orang takut dan terus mengonsumsi obat pelangsing.

Selain itu, terdapat kandungan penthremine yang menyebabkan efek kecanduan seperti ketika seseorang menggunakan narkoba, rokok, atau alkohol.

6. Detak Jantung Tidak Teratur

obat pelangsing menyebabkan detak jantung tidak teratur
hellosehat.com

Bahaya obat pelangsing lainnya adalah membuat detak jantung semakin cepat dan cenderung tidak teratur. Kondisi ini disebabkan oleh penyaringan obat dalam darah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras.

Selain itu, kandungan penthermine juga membuat jantung berdebar lebih cepat.

7. Insomnia

dampak negatif obat pelangsing insomnia
getlokal.ro

Pada pengguana obat pelangsing, masalah susah tidur atau insomnia terjadi karena adanya perubahan sistem metabolisme secara mendadak. Tubuh tidak memiliki nafsu makan dan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk diolah sebagai energi.

Jika dibiarkan, hal ini akan membawa penyakit lain yang lebih parah.

8. Hipertensi

bahaya obat pelangsing hipertensi
hellosehat.com

Ternyata, penggunaan obat pelangsing juga dapat menyebabkan hipertensi. Masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit kepala, sulit tidur, leher kaku, gelisah, dan lain sebagainya ini berisiko tinggi menyerang orang yang mengonsumsi obat tersebut.

Bahkan, efek samping ini juga akan terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Baca juga: Waduh! Ternyata Hal Sepele Ini bisa Sebabkan Darah Tinggi

Masih banyak bahaya obat diet lainnya. Mengonsumsi obat tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sebaiknya lakukan olahraga dan diet sehat. Menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat lebih efektif untuk membentuk tubuh ideal daripada meminum obat yang memiliki banyak risiko penyakit.

Untuk mendapatkan lebih banyak info tentang kesehatan, kamu bisa mengunduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store.

0 Comment