Balitsa Lembang, Wisata Edukasi di Bandung yang Punya Barisan Pohon Artistik ala Eropa

11 June 2019, at 04:00
0
0
Balitsa Lembang, Wisata Edukasi di Bandung yang Punya Barisan Pohon Artistik ala Eropa

Balitsa Lembang (Balai Penelitian Taman Sayur dan pengembangan holtikultura) adalah salah satu destinasi di Bandung yang memadukan alam dan ilmu pengetahuan sehingga terbentuklah wisata edukasi.

Meski bertajuk wisata edukasi, bukan berarti suasana di Balitsa bakal membosankan. Apalagi di sini ada spot yang seolah membawamu ke negeri dongeng. Penasaran? Yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Wisata Edukasi di Bandung Ini Cocok untuk Liburan Bareng Si Kecil!

1. Wisata edukasi di Lembang

wisata balitsa lembang
instagram.com/ariefsputra

Sejatinya, wisata di Lembang ini adalah tempat penelitian dan pengembangan berbagai jenis sayur dan hortikultura di Indonesia. Ada beragam jenis tanaman yang dikembangkan di sini, mulai dari bawang, tomat, timun Jepang (zucchini), terong, wortel, kentang, jagung, bayam, kubis, sawi, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang mau tahu gimana tahapan, proses budi daya dari awal sampai akhir, maupun penelitian tanaman-tanaman sayuran tersebut, bisa kok mempelajarinya di Balitsa Lembang.

2. Wisata alam yang instagenik di Bandung

balitsa lembang bandung
instagram.com/nizaramrullah

Selain sebagai wisata edukasi, Balitsa juga bisa dibilang menyajikan pemandangan alam yang instagenik. Seperti barisan pohon artistik yang seolah bakal membawamu terbang ke Eropa.

Barusan pohon pinus tersebut membingkai jalan Balitsa bak adegan di film Hollywood. Saking cantiknya, area tersebut paling favorit di tempat penelitian dan pengembangan tanaman sayuran di Lembang ini.

Selain barisan pohon instagenik, di wisata edukasi Lembang ini kamu juga bisa berpose dengan latar Gunung Tangkuban Perahu.

3. Prewedding di Balitsa

prewedding balitsa lembang
instagram.com/chepybennington

Balitsa Lembang bukan cuma populer di kalangan traveler milenial, lho. Objek wisata di Bandung ini pun jadi lokasi favorit buat mereka yang pengen melakukan sesi foto prewedding.

Kamu bisa melakukannya di barisan pohon pinus yang ada di Balitsa. Selain itu, mungkin kamu juga bisa hunting foto dengan latar lahan sayuran segar.

Tapi tetap hati-hati dan jangan sampai merusak tanaman yang sedang dikembangkan oleh pihak Balitsa, ya! Terutama untuk area yang dipagari. Soalnya area yang dipagari adalah tanda bahwa pengunjung dilarang masuk, sebab sayuran unggulan mungkin sedang diuji coba.

Baca juga: Tempat Romantis di Bandung Ini Cocok Buat Lokasi Foto Prewedding!

4. Cara ke Balitsa Lembang

balitsa lembang
instagram.com/wildrism

Lokasi Balitsa Lembang ada di Jalan Tangkuban Perahu No. 517, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kamu bisa pakai kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke wisata ini.

Ikuti jalur Ledeng menuju ke Lembang serta objek wisata Tangkuban Perahu. Sebelum sampai di Tangkuban Perahu, ambil jalur kanan menuju ke Hutan Pinus Cikole PAL 16 Lembang. Dari area ini, jarak ke Balitsa cuma sekitar 3 kilometer perjalanan saja.

5. Penting! Ingat ini kalau liburan ke Balitsa Lembang

wisata edukasi balitsa lembang
instagram.com/than2xios

Balitsa Lembang cuma dibuka untuk umum setiap Sabtu sampai Minggu dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB saja. Seperti diketahui, tempat ini tetaplah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, bukan sekedar destinasi wisata biasa.

Kendaraan pribadi pun dilarang masuk area Balitsa meski jalan aspal di sekitarnya lebar. Kendaraan cuma boleh diparkir di depan gedung penelitian Balitsa Lembang. Nah, untuk biaya parkirnya sendiri sekitar Rp5.000,00 saja. Soal biaya lain, kamu nggak perlu membayar lagi.

Gimana, tertarik untuk liburan ke Balitsa Lembang? Mumpung tiket masuk destinasi wisata di Bandung ini murah meriah, lho. Kamu pun bisa sekaligus belajar banyak soal budi daya sayuran dan tanaman hortikultura. Seru, kan?

0 Comment