Bangun Pagi, Kebiasaan Kecil yang Sulit Dilakukan Namun Punya Manfaat Besar

08 April 2019, at 00:00
0
0
Bangun Pagi, Kebiasaan Kecil yang Sulit Dilakukan Namun Punya Manfaat Besar

Siapa sih yang nggak berat untuk meninggalkan kasur nan nyaman dan menenangkan? Kalau bisa memilih, kamu pasti lebih suka tidur berlama-lama dan nggak melakukan apapun seharian, kan?

Padahal, bangun pagi merupakan salah satu bentuk gaya hidup sehat yang seharusnya diterapkan karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho.

Buat kamu yang merupakan pekerja, bangun pagi mungkin bukanlah hal yang sulit. Tapi sebaiknya kamu nggak melakukannya hanya karena harus mengejar kemacetan dan agar tidak telat, ya.

Baca Juga: Bahaya yang Disebabkan Oleh Kurang Tidur, Bisa Mati Muda!

Bangun pagi yang baik adalah sekitar jam setengah 5 sampai 6 pagi. Meskipun agak sulit, berikut ini 8 manfaat bangun pagi bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Memperlancar Peredaran Darah

memperlancar peredaran darah
pexels.com/@daria

Salah satu manfaat bangun pagi adalah memperlancar peredaran darah. Udara segar dan bersih yang kamu hirup saat fajar akan menambah kadar oksigen dalam tubuh.

Meskipun nggak terasa secara langsung, tapi hal hal tersebut akan membuat aliran darah dalam tubuhmu menjadi lebih lancar.

2. Menyehatkan Paru-Paru

menyehatkan paru-paru
pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Kalau untuk yang satu ini kamu pasti sudah tahu kan alasannya? Iya, menghirup udara di pagi hari akan memberikan dampak baik pada organ-organ tubuh, terutama paru-paru.

Hal ini karena oksigen pagi masih bersih dan belum terpapar banyak polusi. Jika kamu tinggal di perkotaan, bangun pagi akan sangat membantu menyehatkan paru-paru.

3. Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan daya ingat
pexels.com/@olly

Saat otak berfungsi secara maksimal maka secara tidak langsung kemampuan mengingat atau memori juga akan meningkat.

Itulah mengapa rajin bangun pagi akan membuat risiko pikun lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang sering bangun siang.

4. Menyehatkan Jantung

menyehatkan jantung
pexels.com/@enginakyurt

Apabila peredaran darah lancar dan tingkat oksigen di dalamnya baik maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

Pasalnya banyak sekali gangguan kesehatan jantung yang disebabkan oleh adanya hambatan aliran darah dan suplai oksigen yang terlalu sedikit dalam darah.

Baca Juga: Kenapa Pegawai Kantoran Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung?

5. Sistem Imun Meningkat

sistem imun meningkat
pexels.com/@mentatdgt-330508

Kekebalan tubuh atau sistem akan meningkat jika kamu bangun pagi secara rutin. Hal ini karena udara segar sangat bagus untuk membantu proses pembentukan antibodi tubuh.

Itulah mengapa orang yang sering bangun pagi tidak rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk flu dan batuk yang sering menyerang.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

menjaga kesehatan tulang
pexels.com/@rawpixel

Kamu pasti sudah tahu kalau sinar matahari dapat membantu pembentukan vitamin D, kan? Ternyata nggak cuma itu lho, bangun pagi dan berjemur juga bisa memberikan kalium yang baik untuk kesehatan tulang.

Maka dari itu, berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

7. Perawatan Kulit

perawatan kulit
pexels.com/@minan1398

Selain bisa menjaga kesehatan tulang, bangun pagi dan mendapatkan sinar matahari juga dapat membantu perawatan kulit, lho.

Hal ini karena pembentukan vitamin D secara maksimal dapat membantu peremajaan kulit. Vitamin D2 dan D3 juga bisa mencegah munculnya gangguan pada organ sensitif tersebut.

8. Terhindar dari Stres

terhindar dari stres
pexels.com/@mtyutina

Nggak hanya kesehatan fisik lho, kamu juga bisa terhindar dari stres dan depresi jika rajin bangun pagi. Hal ini karena kegiatan tersebut membantu proses produksi hormon seretonin dalam tubuh.

Udara yang masih bersih di pagi hari juga akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar sehingga stres menghilang.

Jadi gimana Sobat Qupas, udah nggak ragu kan untuk bangun pagi setelah tahu manfaatnya yang luar biasa. Ayo mulai terapkan pola hidup sehat dengan mengawali hari dengan bangun pagi!

0 Comment