Bangun Tidur Malah Pegal-Pegal, Ini Penyebabnya

04 January 2019, at 16:00
1
0
Bangun Tidur Malah Pegal-Pegal, Ini Penyebabnya

Kondisi saat bangun tidur bisa mempengaruhi suasana hati atau mood seseorang. Jika kamu terbangun pada pagi hari dalam keadaan yang bugar, maka hal tersebut bisa membuatmu menjadi bersemangat untuk menjalani hari.

Akan tetapi apabila terbangun dalam keadaan yang capek dan kelelahan, kamu bisa menjadi malas-malasan seharian.

Kamu pernah merasa sudah tidur cukup tetapi justru merasa badan pegal-pegal ketika bangun tidur? Ternyata ini penyebabnya.

1. Tidur Gelisah

tidur gelisah
pexels.com/@kristingroth2

Setelah bangun tidur, coba periksa bagaimana keadaan kasur, bantal, guling, dan selimutmu. Apabila sangat berantakan atau berserakan dimana-mana, kemungkinan besar kamu banyak bergerak ketika terlelap.

Kebanyakan orang yang mengalami kegelisahan tidur tidak menyadari hal tersebut. Kebiasaan tidak bisa diam saat tidur ini disebut sebagai sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome.

Sindrom ini akan membuat orang yang mengalaminya tidak bisa tidur nyanyak dan terus terbangun. Pada akhirnya kamu akan terjebak di fase “tidur ayam” atau kondisi setangah bangun-setengah tidur yang akan membuat badan menjadi capek di pagi hari.

2. Menggemeretakkan Gigi Saat Tidur

menggemeretakkan gigi saat tidur
pexels.com/@olly

Kebiasaan satu ini juga biasanya tidak disadari. Menggemeretakkan gigi ketika tidur akan membuat rahang dan otot-otot di sekitar mulut terus bergerak, menegang, dan mengencang sepanjang malam.

Kondisi tersebut membuat kamu terus mengeluarkan energi. Hal tersebut akan membuat otot-otot wajah menjadi kelelahan dan berdampak pada seluruh badan.

3. Main Gadget Sebelum Tidur

main gadget sebelum tidur
pexels.com/@nappy

Kalau yang satu ini kamu pasti sering melakukannya, kan? Di era yang canggih seperti saat ini memang sulit mengalihkan pandangan dari gadget. Sebelum tidur merupakan waktu yang paling asyik untuk berselancar di media sosial.

Namun ternyata hal tersebut merupakan kebiasaan yang buruk, lho. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar HP dapat mengganggu otak untuk menghasilkan zat melatonin yang memicu ngantuk dan refleks tidur. Akhirnya kamu akan sulit tidur dan lelah ketika bangun.

4. Obesitas

obesitas
pexels.com/@pixabay

Seseorang yang mengalami berat badan berlebih juga biasanya akan mengalami kelelahan ketika bangun tidur. Hal ini disebabkan oleh organ yang selalu bekerja keras meskipun sedang terlelap.

Jantung akan bekerja lebih keras dan tidak mampu memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh sehingga badan akan merasa lelah karena kehilangan banyak energi.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Tidur Siang Juga Punya Banyak Manfaat

5. Bantal yang Tidak Tepat

bantal yang tidak tepat
pexels.com/@daria-shevtsova

Pemelihan bantal yang tepat akan membawa pengaruh pada kualitas tidurmu. Terdapat beberapa jenis bantal yang beredar di masyarakat. Masing-masing memiliki bahan dan kualitas yang berbeda-beda.

Pilihlah bantal dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu keras agar tulang belakang tidak terlalu tertekan.

6. Pengaturan Udara

pengaturan udara
pexels.com/@minan1398

Mengatur udara agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin ketika tidur merupakan hal yang penting. Sirkulasi udara yang tidak bagus akan membuat kamar menjadi pengap dan panas. Hal ini bisa membuat tidurmu tidak nyaman dan terus terbangun.

Sementara kamar yang terlalu dingin juga bisa membuat otot menegang dan membuat badanmu kelelahan ketika bangun.

7. Salah Posisi Tidur

salah posisi tidur
pexels.com/@thatguycraig000

Salah posisi tidur merupakan penyebab pegal-pegal di pagi hari yang sangat umum. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memastikan jika kamu tidur dengan posisi yang nyaman dan tepat.

Hindari untuk miring ke kiri karena itu akan membebani jantung dan organ tubuh tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal.

8. Tempat Tidur yang Tidak Nyaman

tempat tidur yang tidak nyaman
pexels.com/@pixabay

Tempat tidur juga sangat mempengaruhi kualitas istirahatmu. Jika kamu tidur di tempat yang kurang nyaman seperti sofa misalnya, kamu akan merasa tidak nyaman. Entah karena terlalu sempit sehingga kakimu harus menekuk atau karena hal lain.

Nah, itu dia 8 hal yang bisa menjadi penyebab pegal-pegalmu setelah bangun tidur. Jam tidur yang cukup tidak menjadi bahwa kualitas tidurmu pasti bagus, ya.

Jadi, penyebab nomor berapa yang membuat tidurmu tidak nyaman? Mungkin kamu tidak menyadarinya ketika tidur, akan tetapi kamu bisa melihat dan menilai bagaimana kondisi tidurmu setelah bangun.

0 Comment