Banyak Anak Muda Kena Asam Urat, Ternyata Penyebabnya Kebiasaan Sepele Ini

01 February 2019, at 09:00
0
0
Banyak Anak Muda Kena Asam Urat, Ternyata Penyebabnya Kebiasaan Sepele Ini

Penyakit asam urat ditandai dengan adanya pembengkakan, rasa panas, dan nyeri yang tidak tertahankan pada persendian. Bagian yang paling sering terserang masalah ini adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Banyak orang yang bertanya tentang apa penyebab asam urat tanpa mereka sadar bahwa masalah kesehatan tersebut bisa jadi disebabkan karena kebiasaan sehari-hari.

Biasanya, orang yang mengalami asam urat tidak menunjukkan gejala awal apapun. Ketika sudah parah, barulah diketahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Bukan hanya orang tua, ternyata banyak juga anak muda yang terkena asam urat. Kebiasaan sepele berikut inilah yang ternyata menjadi penyebab asam urat di usia muda.

1. Terlalu Banyak Makan Daging

terlalu banyak makan daging penyebab asam urat
pexels.com/@vanmalidate

Daging hewani seperti sapi, kambing, ayam, dan lain sebagainya ternyata memiliki kandungan purin yang tinggi. Terdapat 150 miligram pada setiap 100 gram olahan daging.

Ini lah yang menjadi penyebab asam urat tinggi meskipun usia masih sangat muda.

2. Makan Sayuran dengan Purin Tinggi

makan sayur dengan purin tinggi sebabkan asam urat
pexels.com/@fecundap6

Bukan hanya daging, ternyata makanan sehat seperti sayuran pun bisa menjadi pemicu asam urat. Penyakit yang dapat menyerang siapapun ini memang disebabkan oleh kadar purin yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Sayuran seperti bayam, kembang kol, asparagus, jamur, dan kacang-kacangan merupakan salah satu faktor. Sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Benar Gak Sih Mandi Malam Bikin Rematik?

3. Minuman Bersoda atau Beralkohol

minum soda atau beralkohol menjadi penyebab asam urat tinggi
pexels.com/@edwardeyer

Gaya hidup yang kurang baik seperti sering minum minuman bersoda dan alkohol juga bisa menjadi penyebab asam urat, lho.

Hal ini karena di dalam minuman tersebut terdapat banyak pemanis yang dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan banyak purin.

4. Seafood

seafood pemicu asam urat
pexels.com/@dana-tentis-118658

Makanan yang menjadi penyebab asam urat tinggi lainnya adalah seafood. Anak muda yang gemar sekali mengonsumsi makanan ini memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan tersebut.

Beberapa ikan laut seperti sarden, makarel, dan tuna, kerang, lobster, dan cumi-cumi merupakan sumber purin yang tinggi.

5. Berat Badan Berlebih

berat badan berlebih penyebab asam urat
pexels.com/@pixabay

Selain faktor makanan, berat badan berlebih juga bisa berpengaruh pada penyakit asam urat. Kondisi tersebut membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.

Ginjal membuang asam urat tersebut sehingga menjadi berlebih dalam tubuh.

6. Obat-Obatan

obat obatan juga menjadi penyebab asam urat pada anak muda
pexels.com/@rawpixel

Ternyata, beberapa obat-obatan dapat menjadi pemicu asam urat. Mungkin hal tersebut merupakan efek samping dari penyembuhan penyakit tertentu.

Obat-obatan seperti aspirin dosis rendah dan diuretic tiazid sebaiknya dihindari apabila kamu sudah memiliki potensi asam urat tinggi.

Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Kamu Ubanan di Usia Muda

7. Jenis Kelamin

jenis kelamin berpengaruh pada penyebab asam urat
pexels.com/@stefanstefancik

Asam urat dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, usia, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, ada orang-orang yang memiliki kecenderungan lebih terhadap penyakit tersebut.

Penyakit ini lebih berpotensi menyerang pria. Namun, setelah mengalami manopouse, perempuan lebih berisiko terhadap hal ini.

8. Riwayat Keluarga

riwayat keluarga juga merupakan penyebab penyakit asam urat
pexels.com/@victoria-borodinova-392079

Selain jenis kelamin, ternyata riwayat penyakit keluarga juga berpengaruh sebagai penyebab asam urat. Hal ini karena penyakit tersebut termasuk masalah kesehatan yang diwariskan.

Jika orang tua memiliki masalah kesehatan ini, kamu akan memiliki risiko yang lebih besar daripada orang lain.

Nah, itu dia 8 penyebab asam urat yang patut diwaspadai oleh anak muda. Usia tidak menjadi jaminan kamu akan selalu sehat dan bahagia.

Terapkan lah pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Untuk mendapatkan info kesehatan lebih lanjut, unduh aplikasi Qupas pada Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga.

0 Comment