Banyak Dihindari, Tenyata 6 Makanan Pahit Ini Baik untuk Kesehatan

14 April 2019, at 00:00
0
0
Banyak Dihindari, Tenyata 6 Makanan Pahit Ini Baik untuk Kesehatan

Ada begitu banyak jenis makanan dengan berbagai rasa di dunia. Tapi jika diberi pilihan, kamu pasti nggak akan mau memilih yang pahit dan lebih menyukai yang manis.

Wajar sih, siapa juga yang suka dengan makanan pahit? Tapi sebenarnya di balik rasa nggak enak tersebut terdapat berbagai kebaikan untuk tubuh, lho.

Kamu harus tahu, berikut ini beberapa makanan pahit yang sering kamu hindari namun ternyata baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Sedang Tren, Intip Manfaat Jus Seledri yang Baik untuk Kesehatan

1. Pare

pare
topsimages.com

Siapa sih yang nggak tahu pare? Kata “pahit” mungkin sudah terngiang-ngiang di pikiran saat mendengar nama sayur itu disebut.

Nggak cuma anak-anak, bahkan orang dewasa pun banyak yang menghindari pare karena rasanya pahit.

Meskipun begitu, pare ternyata sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lho.

2. Dauh Pepaya

daun pepaya
id.wikipedia.org

Kamu sering makan olahan dari daun pahit yang satu ini nggak? Meskipun pahit, daun pepaya ternyata memiliki gizi yang tinggi dan dapat mengembalikan selera makan.

Nggak cuma itu, kandungan gizi yang ada di dalamnya membuat daun pepaya efektif untuk mengobati penyakit cacingan yang sering diderita oleh anak-anak.

Hal ini karena terdapat carposide di dalamnya. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan kalsium yang baik untuk kesehatan.

3. Kulit Jeruk

kulit jeruk
thriftylesley.com

Mungkin memang belum banyak yang memanfaatkan kulit jeruk sebagai makanan karena rasanya yang pahit. Padahal, bagian terluar salah satu buah sitrus ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Di dalamnya terkandung flavonoids, atau jenis antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, terdapat pula kandungan hesperidin dan narigin.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Nggak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Bisa Bahaya!

4. Sayuran Cruciferous

sayuran cruciferous
huffingtonpost.com.au

Sayuran yang termasuk dalam kelompok criciferous adalah brokoli, kol, kembang kol, lobak, sawi hijau, dan pakcoy.

Sebagian orang mungkin menyukai beberapa diantaranya. Namun nggak sedikit juga yang menghindari karena menganggap sayuran tersebut terasa pahit.

sayuran
imagenesmy.com

Padahal, seperti pare dan kulit jeruk, sayuran yang masuk ke dalam kelompok cruciferous memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Nggak cuma itu, kandungan zat kimia alami di dalamnya juga bisa membantu hati untuk menetralkan racun yang masuk ke tubuh.

5. Bunga Turi

bunga turi
exoplantus.es

Olahan bunga turi ternyata juga menjadi salah satu makanan pahit yang seringkali dihindari oleh orang, namun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bunga turi ampuh mengobati berbagai penyakit, mulai dari sariawan hingga pegal linu. Hal ini karena di dalamnya terkandung banyak nutrisi bermanfaat seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A, B1, dan C.

6. Bunga Pepaya

bunga pepaya
steemit.com

Bukan cuma daunnya, bunga pepaya pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan meskipun sering dihindari karena rasanya pahit.

Bunga pepaya mengandung banyak zat penting yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemka, kalsium, protein, fosfor, zat besi, sodium, folat, antioksidan, serta vitamin A, B1, C dan E.

bunga pepaya pahit
steemit.com

Oleh sebab itu, para ahli mengatakan bahwa bunga pepaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Nggak cuma itu, mengonsumsi bunga pepaya juga baik untuk penderita diabetes dan dapat mencegah kanker.

Gimana Sobat Qupas, setelah mengetahui manfaat luar biasa makanan-makanan pahit di atas, kamu masih mau menghindari dan menyia-nyiakannya?

Rasa yang sedikit pahit seharusnya nggak menghalangimu untuk menjaga kesehatan tubuh, Sobat!

0 Comment