Banyak Dikonsumsi, Ini Lho Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatanmu

14 October 2019, at 10:00
0
0
Banyak Dikonsumsi, Ini Lho Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatanmu

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya membuat umbi manis ini sering dijadikan alternatif saat diet nasi.

Selain enak dan mengenyangkan, ubi jalar yang sering disebut sebagai makanan orang desa ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Penasaran? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

ubi jalar
organichealthcorner.com

Manfaat ubi jalar yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan tersebut mengandung sekitar setengah dari kebutuhan asupan vitamin C harian tubuh.

Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Dilansir dari Linus Pauling Institute, ubi jalar ungu memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi gangguan inflamasi.

2. Menyehatkan Mata

mata sehat
pexels.com/@pixabay

Seperti yang telah disebutkan di atas, ubi jalar mengandung cukup banyak vitamin A yang dapat menyehatkan mata.

Nggak hanya itu, ubi jalar juga mengandung betakaroten, antioksidan, vitamin C, dan E yang telah terbukti dapat mendukung kesehatan mata serta mengurangi risiko terjadinya kerusakan degenerasi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

tekanan darah
honestdocs.id

Ubi jalar mengandung dua mineral penting yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, yaitu kalium dan magnesium.

Kandungan tersebut dapat mempertahankan rasio natrium potassium dalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, serat yang terdapat di dalamnya juga bisa mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Semakin Banyak Anak Muda Terkena Hipertensi Karena Hal Ini

4. Baik untuk Penderita Diabetes

cek gula darah
misskyra.com

Selain dapat menurunkan tekanan darah, mengonsumsi ubi jalar ternyata juga baik bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan resistensi gula. Bisa menjadi alternatif pengganti nasi nih!

Kondisi tersebut nggak hanya dipengaruhi oleh indeks glikemis ubi jalar yang rendah, namun juga kandungan serat di dalamnya.

5. Mencegah Kanker

manfaat ubi jalar
parade.com

Ubi jalar ternyata telah terbukti memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat mencegah kanker. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa betakaroten di dalamnya dapat mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium pada perempuan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Publik Health’s Department of Nutrition menyebutkan bahwa makanan yang kaya akan betakaroten dapat mencegah kanker prostat pada laki-laki.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

jantung sehat
pinterest.com

Menurut Harvard School of Public Health, ubi jalar mengandung vitamin B6 yang dapat menghancurkan homocysteine yang merupakan zat pengerah pembuluh darah dan arteri.

Selain itu, American Heart Association menyebutkan bahwa kandungan kalium dalam ubi jalar dapat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan cairan sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Wah, ternyata banyak juga manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila rutin mengonsumsi ubi jalar Sobat Qupas. Makanan manis ini juga mengenyangkan dan bisa membantu menurunkan berat badan lho!

0 Comment