Banyak Kegiatan? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Sehat Saat Lebaran

05 June 2019, at 00:00
1
0
Banyak Kegiatan? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Sehat Saat Lebaran

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, lebaran atau Hari Raya Idulfitri merupakan momen yang paling ditungu-tunggu oleh umat muslim.

Kebanyakan orang muslim melakukan banyak persiapan yang cukup melelahkan untuk hari besar tersebut, mulai dari membersihkan rumah sampai menyiapkan kue-kue khas lebaran.

Tradisi seperti pulang kampung, bersilaturahmi kepada keluarga, kerabat, tetangga, dan lain sebagainya juga cukup menguras banyak energi.

Baca Juga: Bangun Pagi, Kegiatan Sepele yang Sulit Dilakukan Namun Punya Manfaat Besar

Oleh sebab itu, kamu biasa melakukan 5 hal ini untuk menjaga kesehatan saat lebaran supaya nggak sakit di momen yang spesial tersebut.

1. Mengatur Jadwal Makan yang Tepat

mengatur jadwal makan
pexels.com/@rawpixel

Setelah berpuasa, biasanya orang cenderung makan terlalu banyak saat lebaran. Apalagi hari raya umat muslim tersebut memang identik dengan berbagai jajanan manis dan makanan yang berlemak.

Untuk tetap menjaga kesehatan, ada baiknya kamu mengatur jadwal makan secara tepat. Yaitu 3 kali makan berat dan sedikit camilan dalam satu hari.

pola makan sehat
pexels.com/@kaboompics

Wajar sih kalau kamu tergoda untuk makan banyak saat lebaran, apalagi jajanannya sudah tersedia di depan mata. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan karena selama berpuasa perut sudah terbiasa kosong.

Oleh sebab itu, mulailah untuk menerapkan pola makan normal kembali dengan porsi dan waktu yang tepat. Jangan berlebihan, ya!

2. Mengonsumsi Makanan yang Seimbang

makanan seimbang
pexels.com/@iamtrangdoan

Selain mengatur jadwal makan, kamu juga perlu memerhatikan menu dari makanan yang kamu konsumsi, lho.

Usahakan kamu mendapatkan komposisi gizi yang seimbang, yaitu karbohidrat kompleks dari nasi atau ketupat, lemak dari opor dan lain sebagainya, vitamin dan mineral dari sayuran serta buah-buahan.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

memperbanyak minum air
pexels.com/@daria

Memperbanyak minum air putih juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh saat lebaran. Pasalnya, kebanyakan orang cenderung mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan lemak dan santan yang cukup tinggi.

Nggak hanya itu, sebaiknya kamu nggak berlebihan mengonsumsi minuman manis karena nggak bisa menghilangkan rasa haus dan menggantikan cairan tubuh.

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Air Putih? Awas Terkena Masalah Kesehatan Ini

4. Hindari Terlalu Banyak Gula

menghindari terlalu banyak gula
pexels.com/@mahima-404248

Lebaran memang identik dengan banyak camilan manis. Meskipun demikian, kamu sebaiknya mengontrol konsumsi gula supaya nggak berlebihan.

Gula memang merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, tapi mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai penyakit, termasuk diabetes.

5. Tidur yang Cukup

tidur yang cukup
pexels.com/@thatguycraig000

Aktivitas yang padat saat lebaran membuat beberapa orang menjadi kekurangan waktu untuk tidur. Terlalu asyik berkumpul dengan keluarga yang jarang ditemui juga bisa menyebabkan hal ini.

Padahal, untuk menjadi tetap sehat selama lebaran kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup lho. Beristirahatlah minimal 6 jam sehari untuk tetap bugar dan nggak kelelahan.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan selama lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Selamat berkumpul dengan keluarga dan jangan makan camilan secara berlebihan, ya!

0 Comment