Banyuwangi Agro Expo 2019 Hadir dengan Konsep Beda, Pesonanya Siap Bius Kaum Milenial

25 April 2019, at 09:00
0
0
Banyuwangi Agro Expo 2019 Hadir dengan Konsep Beda, Pesonanya Siap Bius Kaum Milenial

Potensi wisata di Banyuwangi memang cukup besar. Ditambah lagi dengan adanya perhelatan besar yang diadakan di lereng Ijen tahun 2019 ini. Sebut saja Banyuwangi Agro Expo yang akan hadir di tanggal 25 April sampai 1 Mei mendatang.

Pameran sekaligus tempat rekreasi hasil karya Dinas Pertanian kabupaten Banyuwangi ini punya banyak keunikan dan pastinya beda dari yang lain. Penasaran apa saja? Langsung saja deh simak uraian Qupas berikut!

Baca juga: Siap-Siap! Bakal Ada Jazz Gunung 2019 di Wisata Banyuwangi Ini

1. Termasuk Rangkaian Acara Bergengsi di Banyuwangi

banyuwangi agro expo
instagram.com/azwaranas.a3

Dilansir dari akun Instagram Dinas Pertanian Banyuwangi, @dispertabwi, perhelatan besar yang dilakukan di lahan seluas 10,6 hektar ini merupakan salah satu rangkaian dalam Agenda Banyuwangi Indonesia Festival (BI-FES).

Tujuannya sebagai ajang pameran atau promosi suatu produk pertanian yang pastinya sudah ditunggu masyarakat Jawa Timur maupun warga Banyuwangi sendiri.

2. Beda Konsep dari Tahun Sebelumnya

banyuwangi agro expo 2019
instagram.com/anggi.ojreng21

Beda dari 2 tahun sebelumnya, konsep Banyuwangi Agro Expo dibuat lebih alami, cantik, menarik, dan pastinya instagenik. Kalau dulu event di Banyuwangi ini digelar di area persawahan, sekarang giliran kawasan perbukitan.

Menariknya lagi, ternyata tanah di kawasan ini miskin unsur hara. Tapi jangan salah, soalnya area perbukitan milik Pemerintah Daerah Tanah Eks TKD Kelurahan Mojopanggung ini akan diubah jadi perbukitan dengan beraneka tanaman pertanian yang punya panorama eksotis.

3. Tema Banyuwangi Agro Expo 2019

keunikan banyuwangi agro expo
instagram.com/anggi.ojreng21

Banyuwangi Agro Expo 2019 mengusung tema "Banyuwangi Creative Agriculture". Tujuan dari pertanian kreatif di wilayah paling ujung timur di Pulau Jawa ini untuk membangkitkan semangat, khususnya bagi generasi muda dalam pembangunan pertanian di Banyuwangi melalui kreativitas dan inovasi.

Misalnya dengan menanam semua pertanian dan memberikan contoh cara budidaya yang tepat sesuai SOP. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga ikut memberi dukungan.

4. Ada Proses Edukasi di Banyuwangi Agro Expo

agro expo banyuwangi 2019
instagram.com/azwaranas.a3

Aneka tanaman pertanian unggulan, mulai dari hortikultura, tanaman pangan, perkebunan, sampai pertenakan serta semua produk olahannya siap hadir di pameran ini.

Selain itu, ada juga proses edukasi ke publik, termasuk mengajak semua untuk memasuki dunia pertanian. Ingin tanya soal teknis dan perhitungan bisnis usaha semua komoditas? Bisa konsultasi di ajang ini.

Mau ternak bebek, telur puyuh, kelinci, sapi, kambing, atau hewan ternak lain? Bisa juga dong, kamu konsultasi di sini. Keren, kan?

Baca juga: Selain Pantai, Wisata di Banyuwangi Ini Instagenik Banget!

5. Rangkaian Kegiatan di Banyuwangi Agro Expo

agro expo 2019
instagram.com/azwaranas.a3

Khusus di tanggal 25 April sampai 1 Mei nanti, ada serangkaian acara yang siap memanjakan para pengunjung, yaitu:

  • Kontes Durian Lokal 
  • Kontes Tanaman Hias
  • Kontes Kiling
  • Kontes Pisang Kepok Merah 
  • Pelayananan Kesehatan Hewan 
  • Demplot Produk Pertanian
  • Bursa dan Expo Produk Pertanian 
  • Expo Ternak 
  • Konsumsi Buah yang Dikemas dengan Rujak Cemplung

Di acara ini kamu juga bisa menyaksikan aneka tanaman dan buah eksotis asal Banyuwangi. Ada juga komoditi seperti padi hitam, durian merah, nangka merah, semangka merah dan kuning non biji di sini.

6. Akan Jadi Destinasi Wisata Baru di Banyuwangi

agro expo banyuwangi
instagram.com/ima.rahman

Untuk kamu yang nggak sempat hadir di Banyuwangi Agro Expo, jangan sedih dulu. Soalnya setelah event besar di Banyuwangi ini berakhir, tempat ini akan jadi destinasi wisata baru di Banyuwangi.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melalui akun Instagram-nya, @azwaranas.a3, nantinya area ini bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau kelompok masyarakat setempat.

7. Cara ke Banyuwangi Agro Expo

komoditi banyuwangi agro expo 2019
instagram.com/anggi.ojreng21
​​​​​​

Lokasi Banyuwangi Agro Expo digelar di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, tepat di kaki Gunung Ijen. Dari pusat Kabupaten Banyuwangi, kamu perlu waktu sekitar 21 menit untuk menuju ke kawasan Desa Tamansuruh melalui Jalan Kemiren.

Jadi gimana, yakin nih nggak tertarik mampir ke Banyuwangi Agro Expo? Mumpung tiket masuknya gratis juga. Yuk ramaikan event keren di Banyuwangi ini!

Tapi kalau memang belum sempat ke sana, jangan khawatir. Soalnya nanti tempat ini juga bakal jadi wisata Banyuwangi kok.

0 Comment