Barongko, Makanan Favorit BJ Habibie dan 4 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Nikmat

12 September 2019, at 19:00
0
0
Barongko, Makanan Favorit BJ Habibie dan 4 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Nikmat

Pada hari Rabu (11/09/19), telah berpulang Presiden Ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie. Tentu kabar duka tersebut terdengar hingga seantero negeri, bahkan negeri tetangga.

BJ Habibie meninggal dunia pada usianya yang ke 83 tahun akibat penyakit yang dideritanya. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini semasa hidupnya menyukai makanan khas Sulsel, yaitu Barongko.

Selain Barongko, ternyata masih ada lho masakan asal Sulawesi Selatan lainnya yang lezat dan bisa kamu cicipi. Apa saja ya?

1. Barongko

masakan favorit bj habibie
instagram.com/wiwiedarre

Kudapan tradisional khas Makassar ini dimasak dengan jenis pisang kepok, telur, santan, dan gula secukupnya. Sebelumnya, pisang dihaluskan terlebih dahulu hingga lembut.

Lalu dibungkus dengan daun pisang dan kukus selama beberapa saat saja. Aroma semerbak wangi kukusan daun pisang tercium begitu lezat dan teksturnya terasa lebih berair.

2. Putu Cangkir

putu cangkir
instagram.com/hanhanny

Kuliner khas Makassar ini terbuat dari perpaduan tepung beras dan tepung ketan bercampur dengan gula merah. Saat dicetak, biasanya diberi tambahan parutan kelapa.

Saat akan dikukus, adonan di taruh di sebuah wadah berbentuk corong yang tengahnya diberi isian kelapa parut.

3. Buras atau Burasa'

buras
instagram.com/medanfoodblog

Sekilas buras memang terlihat seperti lontong, namun bentuknya lebih pipih. Pembungkusnya sama-sama menggunakan daun pisang.

Burasa’ biasanya ada di hari-hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Dikombinasikan dengan kuah Coto Makassar yang lezat.

Baca juga: Mie Hengky, Kuliner Kondang di Makassar yang Buka Hingga Tengah Malam

4. Kapurung

kapurung sulawesi tengah
instagram.com/citrahendrawijaya

Masakan khas Makassar yang punya kuah kental terbuat dari tepung sagu ini enak disajikan di siang hari. Kapurung sendiri terbuat dari kangkung, jantung pisang, dan jagung sisir.

Makanan ini bisa ditemui di warung-warung makan daerah Kota Palopo, Luwu Utara. Bisa dinikmati juga dengan campuran ikan, agar semakin mengenyangkan!

5. Mie Titi

mie titi makassar
instagram.com/anitajoyo

Makanan ini sejenis dengan mie kering dengan kuah kental. Mie Titi sekilas sama dengan tamie capcay. Hanya saja, jenis mie yang digunakan adalah mie kuning yang ukurannya lebih tipis.

Sobat Qupas bisa menikmatinya di Kedai Milik Titi yang didirikan oleh keturunan Tionghoa dan resep masakannya masih terjaga hingga generasi kedua. Mau coba?

Itulah lima kuliner khas Sulawesi Selatan yang bisa kamu nikmati selama berada di sana atau kamu bisa membuat masakan tersebut di ruma!

0 Comment