Baru Uji Coba, Ini 8 Fakta MRT Jakarta yang Bikin Dubes Uni Eropa Terkesima

13 March 2019, at 01:30
0
0
Baru Uji Coba, Ini 8 Fakta MRT Jakarta yang Bikin Dubes Uni Eropa Terkesima

Kabar gembira untuk warga ibukota Negara Indonesia, Jakarta, pasalnya Moda Raya Terpadu (MRT) sudah mulai dilakukan uji coba mulai dari tanggal 12 Maret 2019 kemarin.

Pastinya berbagai fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung, baik saat berada di stasiun maupun di MRT sudah dipersiapkan dengan baik.

Bukan hanya itu saja, masih ada delapan fakta menarik lainnya seputar transportasi massal tersebut yang sempat bikin Dubes Uni Eropa Terkesima. Simak langsung yuk!

1. Sudah Menggunakan Sistem Persinyalan Tercanggih di Dunia

mrt jakarta
instagram.com/ayub_vxz

Tahukah kamu, kalau MRT Jakarta memiliki sistem persinyalan telekomunikasi yang menggunakan CBTC atau Communications Based Train Control.

CBTC menjadi salah satu sistem tercanggih yang digunakan oleh moda transportasi massa. Sistem ini nantinya memanfaatkan radio komunikasi peralatan VOBC untuk pengendalian lalu lintas dan infastruktur. Keren, bukan?

2. MRT Jakarta Sangatlah Memungkinkan untuk Berjalan tanpa Masinis

kereta canggih di indonesia
instagram.com/kunta.wijaya

Bisa dibayangkan nggak kalau nantinya MRT ini bisa berjalan tanpa masinis. Nantinya kereta tersebut menggunakan Automatic Train Protection System.

Perjalanan kereta akan dikendalikan dari pusat kontrol yang ada di stasiun Lebak Bulus. Tentu masih harus ada petugas yang bertugas untuk membuka dan menutup pintu kereta.

3. Memiliki Stasiun Berstandar Internasional

stasiun berstandar internasional
instagram.com/rofapratama

Fasilitas yang ditawarkan di setiap stasiun MRT tidak kalah mewah lho, seperti eskalator, ruang pertolongan pertama, konter layanan penumpang, ticket sales office, hingga tactile untuk para penyandang disabilitas.

Bukan hanya sampai disitu aja, bahkan ada AC yang diadakan untuk mendinginkan stasiun agar para penumpang nyaman dan tak merasa gerah. Mushola juga tersedia untuk penumpang yang ingin melaksanakan kewajiban beragamnya.

4. Kereta MRT akan Melewati 13 Stasiun

kereta dengan tiga belas stasiun
instagram.com/mrtjkt

Untuk warga ibukota bisa menaiki kereta Ratangga ini di tiga belas stasiun yang sudah dibangun, ada yang berada di atas dan di bawah tanah.

Diantaranya ada stasiun bawah tanah,

  • Bundaran HI
  • Dukuh Atas
  • Setiabudi Astra
  • Bendungan Hilir Istora Mandiri
  • Senayan
  • ASEAN
  • Sisingamangaraja

Adapun juga dengan stasiun di atas layang adalah,

  • Blok M
  • Blok A
  • Haji Nawi
  • Cipete Raya
  • Fatmawati
  • Lebak Bulus

Tinggal pilih saja mau dari stasiun mana kamu naik. Jangan sampai salah stasiun ya!

Baca juga : 4 Kereta api di Indonesia yang Canggih Serasa di Jepang

5. Jarak Tempuh dari Lebak Bulus-HI hanya 30 menit saja

jarak tempuh cepat
instagram.com/apraditha

Moda transportasi ini diprediksi bisa mengurangi kemacetan hingga tiga puluh persen lho. Nantinya, saat melewati rute Lebak Bulus hingga Bundaran HI hanya ditempuh selama tiga puluh menit saja.

Rangkaian MRT bisa membawa 1.950 penumpang hanya dalam sekali jalam. Luar biasa istimewa bukan?

6. Perihal Tarif masih Dirancang

tarif kereta api
instagram.com/naratamaa

Masih belum diberlakukannya tarif resmi, hanya saja ada usulkan perihal hal tersebut. Salah satunya biaya sebesar Rp10.000,00 per orang.

Tentu ada beragam tanggapan dari masyarakat ibukota perihal biaya tersebut. Kalau menurut sobat Qupas, bagimana dengan fasilitas, kenyamanan, dan kelancaran perjalanan sebanding atau tidak dengan tarif sebesar itu?

7. Catat Tanggal Uji Cobanya

uji coba kereta mrt
antarafoto.com

Kereta ini sudah bisa digunakan dalam masa uji coba hingga tanggal 24 Maret 2019 mendatang. Per 11 Maret kemarin, sudah ada 184.738 orang yang mendaftar untuk menjajal MRT Jakarta.

Selain itu, juga tak ketinggalan pula Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend yang sudah menjajal.

Menurutnya, MRT ini sangatlah modern, bersih, dan pendingin udaranya terasa. Dubes UE juga tak segan mengatakan kereta baru itu “bagus” dan membuatnya terkesima.

8. Artis Muda Ibukota juga Tak Ketinggalan Menjajal MRT

artis ibu kota menjajal mrt jakarta
instagram.com/nazlaalifa

Bukan hanya Dubes Uni Eropa saja yang pernah menjajal kereta tersebut, tapi juga artis muda ibukota seperti Marsha Aruan yang tak mau ketinggalan.

Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencoba moda transportasi baru ini ya, sobat Qupas.

Semoga dengan adanya kereta ini bisa menuntaskan kemacetan di ibukota negara. Dan juga, semua penumpang wajib memelihara dan menjaga fasilitas yang sudah dibangun dengan semestinya.

Yuk, kapan nih kamu mencoba?

0 Comment