Basmi Kutu Rambut dengan Semprotkan Obat Nyamuk, Bagaimana Dampaknya Bagi Kesehatan?

28 August 2019, at 12:00
0
0
Basmi Kutu Rambut dengan Semprotkan Obat Nyamuk, Bagaimana Dampaknya Bagi Kesehatan?

Baru-baru ini, tengah viral video tentang seorang ibu yang menyemprotkan obat anti nyamuk ke kepala anaknya. Hal tersebut ia lakukan untuk membunuh kutu dan telur-telur yang bersarang.

Video yang pertama kali diunggah oleh akun instagram @makassar_iinfo tersebut memperlihatkan sang ibu dengan santai menyemprotkan bahan kimia tersebut berulang-ulang tanpa rasa khawatir ke kepala anaknya.

Bahkan, ia sangat menyarankan cara yang dianggap efektif tersebut lho. Tak ayal, video tersebut pun menjadi viral dan mendapatkan banyak komentar dari warganet.

kutu
patch.com

Meksipun efektif membunuh kutu dan telurnya, apakah menyemprotkan obat nyamuk ke kepala aman untuk dilakukan? Bagaimana dampaknya bagi kesehatan?

Pada dasarnya, obat nyamuk semprot mengandung berbagai zat kimia yang nggak diperuntukkan bagi manusia. Menggunakannya langsung pada kulit atau menghirupnya kemungkinan besar akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kandungan Berbahaya dalam Obat Nyamuk

DEET

obat semprot nyamuk
klikdokter.com

Sebuah penelitian oleh Institute of Development Research yang dimuat dalam jurnal BMC Biology menyebutkan bahwa DEET (Diethyltoluamide) merupakan bahan berbahaya yang terkandung dalam obat nyamuk semprot.

Pasalnya, zat ini bisa mengganggu aktivitas enzim penting yang memengaruhi sistem saraf pada serangga. Peneliti mengkategorikan DEET berbahaya bagi manusia karena sifat korosifnya.

Kamu bisa saja mengalami iritasi di kulit, mata, atau yang lebih berbahaya mengalami luka bakar pada mata.

Baca Juga: Masih Pakai Obat Nyamuk Bakar? Ketahui dulu Bahayanya untuk Kesehatan

Pyrethrum

nyamuk
loveoporaqui.com

Tahukah kamu, obat nyamuk semprot juga mengandung Pyrethrum yang merupakan zat kimia dari sari bunga krisan?

Zat tersebut memang sudah sejak lama dikenal ampuh membunuh serangga. Apabila Pyrethrum terserap ke dalam tubuh secara terus-menerus atau dalam dosis yang banyak, dampaknya bisa sangat berbahaya lho, yaitu sistem saraf akan rusak dan kekebalan tubuh akan menurun.

Selain itu, zat ini juga dapat memicu asma apabila masuk ke paru-paru. Kamu juga bisa merasakan banyak gejala sepertu mual, muntah, dan sakit kepala karenanya. Jika sampai tertelan, efek yang ditimbulkan bisa sangat mematikan.

Baca Juga: Bunuh Kutu Rambut dan Telurnya Secara Ampuh dengan Cara Ini

Mengetahui bahaya-bahaya di atas, sebaiknya kamu nggak meniru cara si ibu dalam video yang viral untuk membasmi kutu rambut ya!

Sobat Qupas sebaiknya menggunakan cara yang lebih aman seperti menggunakan serit rambut, keramas setiap hari, menggunakan bahan-bahan alami, dan lain sebagainya.

0 Comment