Batal Dilarang, Ini Bahaya dan Cara Aman Pakai Minyak Curah yang Harus Kamu Ketahui

09 October 2019, at 10:00
0
0
Batal Dilarang, Ini Bahaya dan Cara Aman Pakai Minyak Curah yang Harus Kamu Ketahui

Beberapa hari lalu, pemerintah mengeluarkan larangan beredarnya minyak curah di pasaran mulai 1 Januari 2020 mendatang. Menurut Enggartiasto Lukita, hal tersebut dilakukan karena faktor kesehatan.

Larangan tersebut tentu saja menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat sehingga larangan pun dibatalkan. Pasalnya, minyak curah memang masih banyak digunakan baik untuk keperluan pribadi sehari-hari maupun berjualan.

Terlepas dari hal tersebut, kamu sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu minyak curah, bahayanya bagi kesehatan, dan cara aman menggunakannya.

Apa Itu Minyak Curah?

minyak goreng
greenbeltbowl.com

Dilansir dari berbagai sumber, minyak curah merupakan minyak bekas pakai yang diambil dari restoran dan warung makan besar untuk kemudian diolah dengan cara sederhana dan nggak terjamin kebersihannya.

Kemudian, minyak tersebut didistribusikan kembali ke pedagang pasar dan dijual secara eceran. Status bekas pakai yang melekat pada minyak curah tersebut lah yang membuatnya dinilai nggak aman untuk dikonsumsi.

Bahaya Minyak Curah

minyak curah
headtopics.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Maret 2019 lalu menyebutkan bahwa minyak curah berpotensi menyebarkan sel kanker payudara apabila dikonsumsi. Studi yang dilakukan oleh University of Illinois terebut menggunakan tikus seagai bahan percobaannya.

Dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research, disebutkan bahwa metasis atau penyebaran sel kanker pada tikus yang mengonsumsi minyak bekas empat kali lebih besar dibandingkan dengan minyak segar.

tikus percobaan
shutterstock.com

Hal tersebut karena pemanasan berulang kali dapat mengubah komposisi minyak dengan melepaskan acrolein atau zat kimia yang berpotensi bersifat karsinogenik.

Selain itu, minyak goreng bekas juga berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab berbagai penyakit.

Baca Juga: Macam-Macam Minyak Goreng, Mana Yang Terbaik Untuk Kesehatan

Cara Aman Pakai Minyak

minyak goreng bekas
pixabay.com

Idealnya, minyak goreng digunakan sekali pakai. Akan tetapi, banyak orang yang memilih untuk menggunakannnya berulang kali.

Dilansir dari LiveStrong, minyak bekas yang sudah lama nggak digunakan memiliki kandungan radikal bebas yang dapat memicu kanker.

bahaya minyak curah
pexels.com/@pixabay

Oleh sebab itu, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan apabila ingin menggunakan kembali minyak bekas. Mengutip Times of India, minyak harus didinginkan dan dipindahkan ke dalam wadah kedap udara.

Sebelumnya, kamu juga perlu menghilangkan partikel makanan yang dapat mempercepat kerusakan minyak. Jangan gunakan minyak apabila sudah mengental, berubah menjadi gelap, dan berbau.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang bahaya minyak curah serta cara aman penggunaannya.

0 Comment