Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

23 February 2019, at 00:00
0
0
Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

Siapa yang tidak pernah mengalami batuk? Masalah kesehatan ini sudah umum terjadi dan paling tidak semua orang pernah merasakan dalam hidupnya.

Ini membuat batuk seringkali dianggap sebagai masalah yang sepele. Padahal menurut beberapa ahli, hal ini bisa menjadi indikasi awal adanya penyakit serius dalam tubuh seseorang, lho.

Apabila mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan sudah lebih dari 2 minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Penyebab Batuk Berdarah yang Bisa Mengancam Nyawa

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang harus diwaspadai ketika batuk tidak kunjung berhenti.

1. Pertusis

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala pertusis
medicalnewstoday.com

Pertusis atau yang bisa disebut juga sebagai batuk rejan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan. Biasanya, masalah kesehatan ini sangat mudah menular.

Batuk tak kunjung sembuh merupakan salah satu gejala dari pertusis. Selain itu, penyakit ini juga memiliki ciri khas yaitu diwali dengan tarikan napas panjang lewat mulut. Gejala awalnya hampir mirip dengan flu, yaitu batuk, demam, dan pilek.

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala penyakit pertusis
health.harvard.edu

Pertusis bisa menyerang seseorang hingga 3 bulan lamanya. Itulah mengapa masalah kesehatan ini juga biasa disebut dengan “batuk seratus hari”.

Apabila terjadi pada anak-anak atau lansia yang tidak mendapatkan vaksin daya tahan tubuh yang lemah, masalah kesehatan ini bisa menjadi ancaman bagi nyawa.

Sebuah penelitian pada jurnal JAMA menunjukkan bahwa pada tahun 2012 kasus pertusis melonjak dan mengakibatkan 20 orang meninggal. Hal ini karena terdapat sekelompok orang yang menolak untuk menjalani vaksinasi.

2. Kanker Paru-Paru

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala kanker paru
drrina.id

Jangan pernah menyepelekan batuk yang tak kunjung sembuh. Bisa jadi, hal tersebut merupakan indikasi atau gejala awal dari penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Chest, sekitar 60 persen pasien kanker paru-paru mengalami batuk yang sangat parah.

Tidak hanya itu, bisa jadi batuk merupakan satu-satunya gejala kanker paru-paru yang muncul pada diri seseorang. Itulah sebabnya masalah kesehatan tersebut sering telat untuk diketahui.

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala kanker paru paru
hellosehat.com

Jika kamu mengalami batuk parah dan tidak kunjung sembuh setelah 2 minggu padahal sudah minum obat, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Selain batuk kronis, gejala kanker paru-paru lainnya yaitu adanya batuk berdahak, suara serak, nyeri saat menelan, nyeri di dada, dan lendir yang berwarna.

Waspadai gejala awalnya agar bisa ditangani lebih cepat. Bukan hanya perokok yang harus berhati-hati, namun semua orang.

3. Pneumonia

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala pneumonia
guidelinesinpractice.co.uk

Pneumonia atau lebih sering disebut paru-paru basah merupakan infeksi yang mengakibatkan peradangan pada kantong-kantong udara paru-paru.

Kondisi ini bisanya disebabkan oleh infeksi bakteri pneumocccus. Penderita akan mengalami sesak napas, batuk berdahak, demam, dan juga menggigil.

Kondisi tersebut diakibatkan oleh cairan atau nanah yang memenuhi kantong-kantong udara kecil pada paru-paru yang sedang meradang.

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala paru paru basah
hellosehat.com

Batuk yang kunjung sembuh harus diwaspadai karena bisa juga menjadi salah satu gejala awal dari penyakit ini. Apalagi, jika keadaan tersebut semakin parah pada malam hari.

Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, dokter akan menyarankan tes darah serta rontgen dada untuk memastikan masalah kesehatan yang sedang menyerang.

Baca Juga: Ajaib! Bahan Alami Ini Ampuh Redakan Batuk

4. Tuberkulosis

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala tbc
rd.com

Batuk tak kunjung sembuh juga merupakan gejala tuberkulosis (TB) yang harus diwaspadai. Penyakit tersebut dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Disebabkan oleh infeksi kuman tuberkulosis, masalah kesehatan ini juga ditandai dengan adanya nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, atau bahkan batuk darah.

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala tuberkulosis
intermountainhealthcare.org

Masalah kesehatan ini bisa menular kepada orang lain dan akan sangat berbahaya apabila tidak diobati dengan tuntas.

Kuman yang menginfeksi dapat menyebar ke tulang belakang, persendian, otak, bahkan jantung. Itulah sebabnya tuberkulosis bisa berakibat fatal apabila tidak ditangani dengan tepat.

Penderita tuberkulosis harus rutin meminum antibiotik agar kuman tidak menjadi resisten terhadapnya.

5. PPOK

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala ppok
istockphoto.com

PPOK merupakan singkatan dari Penyakit Paru Obstruktif Kronik. Masalah kesehatan ini merupakan salah satu penyakit paru-paru yang banyak ditemui.

Kondisi ini akan menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Jika kamu adalah seorang perokok atau mantan perokok, sebaiknya segera periksakan ke dokter apabila batuk tak kunjung sembuh.

batuk bahaya batuk batuk tak kunjung sembuh gejala penyakit ppok
medicalnewstoday.com

Apalagi jika disertai dengan adanya banyak lendir saat batuk dan sesak napas.

Nah, itu dia 5 masalah kesehatan yang gejalanya bisa diawali dengan batuk tak kunjung sembuh. Segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Meskipun demikian, tidak semua batuk merupakan gejala dari 5 penyakit serius di atas. Maka dari itu, memastikan kepada yang lebih ahli merupakan hal yang harus dilakukan.

0 Comment