Bau Badan Menyengat, Ini Tanda Kesehatan Yang Patut Kamu Waspadai

21 July 2018, at 11:00
2
0
Bau Badan Menyengat, Ini Tanda Kesehatan Yang Patut Kamu Waspadai

Bau badan yang memiliki istilah medis bromhidrosis biasanya disebabkan oleh adanya bakteri yang mengubah keringat menjadi asam sehingga memicu timbulnya aroma yang tidak sedap. Selain itu, bau badan menyengat pada seseorang juga dapat menjadi sinyal adanya kondisi penyakit serius yang membutuhkan perhatian khusus, seperti yang akan kita bahas berikut ini.

 

stylecraze.com

 

Gejala diabetes parah

 

Para penderita diabetes parah biasanya mengalami bau badan menyengat yang disebabkan karena tubuh tidak dapat membakar energi. Proses yang disebut dengan keton ini akan mendorong terjadinya pembentukan zat kimia asam dan memunculkan asam utama yang disebut aseton, penyebab munculnya bau busuk terutama pada badan dan nafas penderitanya. Bau badan pada penderita diabetes dapat diatasi dengan menyembuhkan sumber penyebab penyakitnya terlebih dahulu.

 

Penyakit kaki atlet

 

Bau kaki yang menyengat biasanya disebabkan karena adanya infeksi jamur akibat pemakaian sepatu dalam kondisi lembab. Namun, pada beberapa kasus, keadaan ini akan menimbulkan munculnya penyakit kulit kering, lecet, bersisik, kemerahan di sekitar jari kaki, dan bahkan penyakit kaki atlet yang dapat mengikis kulit dan jaringan jari kaki serta menyebarkan jamur ke area lain.


Intoleransi laktosa

 

Waspadai saat feses berbau sangat busuk dan menyengat yang disertai dengan munculnya rasa kembung, mual, diare, muntah, dan kentut yang berlebihan. Bisa jadi kondisi ini terjadi karena intoleransi laktosa, di mana usus kecil tidak dapat menghasilkan cukup enzim laktase sehingga menyebabkan munculnya gangguan pada pencernaan.

 

Infeksi saluran kencing

 

Infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri E.coli yang berkembang biak dan kemudian memasuki saluran kencing dan uretra juga dapat menyebabkan timbulnya urin yang berbau tak sedap seperti mengandung zat kimia tajam.

 

Napas tak sedap

 

Salah satu penyebab terjadinya bau napas tak sedap adalah penyakit sleep anea, di mana seseorang mendengkur secara berlebihan dan bernapas melalui mulut sepanjang malam. Kondisi ini menyebabkan mulut menjadi sangat kering dan memungkinkan bakteri berkembang biak dengan mudah, sehingga menghasilkan bau napas menyengat seperti bau belerang. Sleep anea patut diwaspadai, sebab kelainan ini sangat terkait dengan risiko penyakit kronis lain seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi atau tekanan darah rendah.

 

So, mulai sekarang jangan sepelekan munculnya bau pada badan ya. Agar segera mendapat penanganan yang tepat bila mengarah pada risiko terjadinya penyakit kronis pada tubuh.

0 Comment