Bayi Kembarnya Meninggal, Benarkah Karena Irish Bella Terkena Infeksi Saluran Kemih?

07 October 2019, at 11:00
0
0
Bayi Kembarnya Meninggal, Benarkah Karena Irish Bella Terkena Infeksi Saluran Kemih?

Duka mendalam tengah menyelimuti pasangan muda Irish Bella dan Ammar Zoni. Pasalnya, mereka baru saja kehilangan bayi perempuan kembar yang meninggal pada usia 7 bulan di dalam kandungan.

Meninggalnya bayi kembar pasangan pesinetron tersebut banyak dikaitkan dengan infeksi saluran kemih yang sempat dialami oleh Irish Bella pada pertengahan September lalu.

Lantas, apa itu infeksi saluran kemih dan bagaimana dampaknya pada janin? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Ibu Hamil Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih

ibu hamil
medicalnewstoday.com

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi bakteri yang menyerang saluran kencing dan organ sekitarnya. Bakteri tersebut masuk lewat uretra dan kemudian menginfeksi ureter, kandung kemih, bahkan ginjal.

Pada umumnya, perempuan memang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Hal tersebut karena panjang uretra wanita lebih pendek daripada pria, sehingga memudahkan bakteri untuk masuk.

bayi kembar irish bella
instagram.com/_irishbella_

Risiko infeksi saluran kemih meningkat pada ibu hamil saat memasuki minggu ke-6 sampai ke-24. Kondisi tersebut terjadi karena rahim berada tepat di atas kandung kemih dan bobot tubuh yang semakin bertambah sehingga membuat kandung kemih sulit kosong dan bakteri pun menumpuk.

2. Gejala Infeksi Saluran Kemih

ibu hamil
modernmum.co.uk

Ibu hamil yang mengalami saluran infeksi kemih pada umumnya mengalami gejala seperti berikut.

  • Intensitas buang air kecil yang sering
  • Merasa nyeri saat kecing
  • Air kencing keruh dan berbau
  • Merasa kram atau panas di perut atau punggung bagian bawah
  • Mual dan muntah
  • Deman, menggigil, dan berkeringat

3. Benarkah Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil Berbahaya Bagi Janin?

kontraksi
yearofcleanwater.org

Peradangan dalam tubuh yang terjadi akibat infeksi saluran kemih membuat sistem imun terus memproduksi senyawa prostaglandin. Padahal, kadar prostaglandin yang terlalu tinggi dalam tubuh menyebabkan rahim berkontraksi.

Selain meningkatkan risiko kontraksi dini, infeksi saluran kemih pada ibu hamil yang nggak segera ditangani dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan kematian janin.

Baca Juga: 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Hamil Tua

4. Mengobati Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

mengobati infeksi saluran kemih
hellosehat.com

Lalu, bagaimana cara mengobati infeksi saluran kemih pada ibu hamil? Masalah kesehatan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Ibu hamil yang menderita infeksi saluran kemih harus menghabiskan antibiotik sesuai dosis dan tenggat waktu yang telah ditentukan oleh dokter agar obat bekerja secara maksimal.

ibu hamil makan jeruk
honestdocs.id

Selain itu, kamu juga bisa mempercepat penyembuhan dengan mengonsumsi beberapa makanan yang dapat menjadi obat alami seperti berikut.

  • Yoghurt
  • Bawang putih
  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

menahan kencing
pinterest.com

Mengetahui dampaknya yang bisa sangat fatal, ada baiknya apabila ibu hamil melakukan pencegahan infeksi saluran kemih dengan cara seperti berikut.

  • Jangan menahan kencing

Ibu hamil, jangan pernah menahan kencing. Selain itu, pastikan kamu mengeluarkan urin secara tuntas agar nggak ada bakteri yang tertinggal dan berkembang biak di saluran kencing.

  • Menjaga kebersihan saluran kencing

Selain nggak boleh menahan kencing, ibu hamil juga sebaiknya menjaga kebersihan saluran pembuangan tersebut. Usahakan untuk selalu membilas area intim dengan bersih dari depan ke belakang, nggak membiarkannya lembab, dan rutin mengganti celana dalam.

ibu hamil minum air
shutterstock.com
  • Memperbanyak konsumsi air

Selain mencegah dehidrasi, banyak minum air juga dapat mencegah infeksi saluran kemih karena kamu akan lebih sering buah air kecil.

Baca Juga: Ladies, Inilah yang Akan Kamu Alami Kalau Sering Menahan Kencing!

  • Memenuhi asupan gizi

Memenuhi asupan gizi akan membuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil meningkat sehingga lebih terhindar dari masalah kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang infeksi saluran kemih yang perlu kamu ketahui. Meksipun terkesan sederhana, ternyata dampaknya bisa berbahaya!

0 Comment